Trip to Lumajang dan Bangkalan

Sudah lama tidak sharing trip-trip baru karena terlalu banyak tujuan yang dijalani tetapi sedikit waktu untuk menuliskan keindahannya

Kali ini trip saya beda pasangan, ncus masuk dalam lingkaran trip weekend kali ini. Tujuannya adalah bukit B29 di lumajang dan bukit jaddih di bangkalan madura.

Keberangkatan kami di hari jumaat dimulai dari bandara Halim Perdana Kusuma.Ceritanya kami berdua penasaran bagaimana bentuk bandara satu ini. Kami naik Batik air Jakarta Surabaya. Kesan pertama ternyata bandara ini agak sedikit kurang up to date dan super macet disaat jam kantor bandaraiakakwalaupun sudah larut malam kamipun tetap melaju ke arah lumajang; memakan waktu sampai kurang lebih  3 jam berkendara kami sampai di Bukit B29 Lumajang yang disebut juga negeri di atas awan

Sesungguhnya disebut B29 bukan karena ada iklan sabun colek disitu tetapi karena ketinggian B(ukit) adalah 2900 kaki

Cara menuju tempat ini via surabaya adalah seperti berikut :

Rute dan Jalur menuju Puncak B29 via Lumajang

Menuju ke Puncak b29 .Dari Surabaya tol menuju kota Lumajang, dari kota Lumajang ke puncak B29 mempunyai jarak 40 Km yang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kondisi jalan beraspal. Dari pusat kota ambil arah Senduro dan mengikuti jalan hingga tiba di Desa Argosari. Setelah tiba di desa Argosari kemudian anda akan sampai di gerbang selamat datang “Kawasan Wisata B29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang”.

Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan jasa Ojek yang bisa anda sewa dengan kisara harga IDR. 150 ribu ( pulang-pergi ), Untuk mempersingkat waktu akhirnya  setiba di desa argopura pagi menjelang subuh suasana gelap gulit dan udara cukup dingin  ber 5 : Iswan, gilang, fredi, plus bocah nya si iswan Raka(7th) kami menaiki ojek kami masing2 menuju titik poin lokasi spot sunrise.

Pastikan kita menuntaskan kewajiban “pembuangan” kita baik besar maupun kecil di post ojek karena di atas WC serba darurat. Akhirnya kami terdampar di warung dekat titik B29 menunggu fajar tiba sambil menikmati minuman hangat dan gorengan

Ternyata kali ini kami hanya diberikan kesempatan menikmati kabut dan dinginnya dan rintik hujan pagi di bukit lumajang B29. Sampai jam 7 pagi Mataharinya sembunyi sepanjang hari dibalik awan; kami naik sedikit di ketinggian 3000 kaki B30. Di sana kami lihat ada beberapa yang berkemah.

Setelah sampai dipuncak B30 kami ke warung lagi katena hujan, akhirnya kami tidur karena menurut pemilik warung jam 10 bisa kelihatan spot gunung bromo muncul dari tumpukan awan-awan. Akhirnya kami menikmati keindahan disekitar kami dan memang sebentar saja kami diijinkan alam untuk melihat pemandangan spekta saat awan menipis di lembah titik B29 dimana gunung bromo dan dataran pasir teletubies itu terlihat. Sayang belum sempat memotret awan kembali menebal.

Akhirnya jam 10 hujan turun kami kembali ke Surabaya sambil mampir sana sini dan malamnya menginap di Arthotel

Hari ke dua

Jam 10 kami siap berangkat menyeberangi jembatan Suramadu menuju bukit kapur jaddih bangkalan madura.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari Suramadu. Sepanjang jalan melewati jembatan Suramadu matahari terik bersinar khas Jawa Timuran panasnya,

Menggunakan mobil kita harus masuk ke arah kota Bangkalan dan begitu menemukan pertigaan ambil arah kanan.Lihat penunjuk jalan

Saat kami melewati jalan banyak sapi di arak menuju satu lapangan ternyata latihan karapam sapi. Kami pun turun menonton latihan karapan

Sapi macan kemayoran 70 butir telur dalam 3 hari untuk dapat otot seperti ini

Sayang hanya latihan, pertandingan nya masih minggu depan, tapi kami cukup puas bisa berkesempatan ngobrol dengan beberapa pemilik sapi.

Hari semakin siang kami melanjutkan perjalanan ke bukit jaddih