api Mata Jitu Air Terjun di Pulau Moyo
Sejak membeli buku Lombok – Sumbawa karangan Gagas Ulung, saya dan yani sudah memberi tanda ke lokasi Air Terjun Pulau Moyo ini.

Akhirnya dengan modal tekat bulat dan tarik tunai tabungan kamipun membeli tiket garuda 2 hari sebelum keberangkatan. Kami memilih Jalur Jakarta Lombok karena berdasarkan referensi dari berbagai sumber ini adalah jalur ter efisien.  Pilih Tiket garuda dengan penerbangan pagi karena biasanya rate nya tidak terlalu tinggi.

Day 1 :  JAKARTA – LOMBOK – SUMBAWA BESAR

Flight Garuda Indonesia tujuan Jakarta – Lombok  :    – Pagi  05:50 – 08:55   ke Praya  Lombok kami dapat tiket dengan Harga Rp. 1,932,000 (kami pilih garuda karena trip kami 5 hari pas-pas’an berangkat sabtu pagi pulang rabu pagi jadi hanya potong cuti kerja 2 hari, makanya perlu maskapai yang tingkat ke “delay” annya rendah)

Penerbangan Jkt - Lombok 2 jam + 1 jam karena perbedaan waktu
Penerbangan Jkt – Lombok 2 jam + 1 jam karena perbedaan waktu
Sampai di Praya kami TIDAK mendapatkan tiket  satu-satunya penerbangan hari itu ke Sumbawa Besar ; yaitu wings air:  yang rutin dengan penerbangan  jam 16:40 – 17:10    Praya – Sumbawa Besar (Rp300.000) : menurut info tanggal 1 April  2015 ada penerbangan garuda Lombok – Sumbawa rutin juga tapi sayang saat kami datang 28 Maret 2015 Garuda Explorer belum beroperasi.

Akhirnya kami putuskan untuk lewat darat  dari  BIL (Bandara Int’l Lombok) Praya Naik Damri  Rp. 25.000 ke Mataram , Dari Mataram Naik  Travel  Sumbawa Utama Hubingi  0370 -621663 (dengan jadwal jam 9:00 , Jam 11:00, Jam 14:00 dan 17:00  ) tarif @Rp. 125.000/ orang alamat di Jl Pejanggik no 106  Cakranegara.

Rute Travel nya dari pool  , 2 jam ke pelabuhan Kahyangan di Lombok Timur, lalu naik Ferry sekitar 2-3 jam di laut:  menuju pelabuhan Poto Tano, dari situ ke sumbawa besar sekitar 3 jam an baru sampai, cukup lama 8 jam melalui darat kalau lancar tetapi ya  biaya lebih murah. di Ferry tidak terlalu nyaman karena cabin tempat menunggu agak kotor.

Ferry Pelabuhan Kahyangan – Poto Tano beroperasi 24 jam berangkat setiap 2 jam
 Sampai di Sumbawa besar kami langsung di antar ke samawa transit hotel di jalan Garuda no 41, hotel nya dekat bandara tetapi jangan kuatir akan suara pesawat karena penerbangan ke bandara ini hanya 2-3 kali per hari. Hotelnya nyaman dan servicenya bagus.

Apabila ingin dibuatkan itinerary dari jauh-jauh hari ke pulau moyo dan keliling sumbawa besar,  tinggal call saja mba Inggit ini : 0823 426944 33 beliau ini multitalented selain dosen di universitas lokal, penyiar radio dia jugalah yang mengatur semua perjalanan tamu-tamu di samawa.  Bahkan dari dia pulalah kami mengetahui info keadaan cuaca di sumbawa, tidak sungkan dia interlokal  menginfokan ke kami tentang cuaca  di sumbawa; apabila laut berombak mba inggit akan menyarankan untuk menunda kedatangan dan apabila minggu ini sudah cerah silakan datang ke sumbawa besar.

Suasana di Samawa Transit Hotel
Kami menginap semalam di hotel ini dengan harga Rp 400.000 kamar deluxe lalu besoknya sudah diatur kami akan dijemput jam 8 pagi untuk diantar menuju ke samawa seaside cottege ; sekeliling hotel banyak juga toko-toko makanan, dan disamping hotel ada pengrajin batu akik -:)

Ini Paket yang ditawarkan mbak Inggit ke Kami 2 orang :

Beli paket ke Moyo  melalui Samawa Hotel Group  ( Snorkling labuan Aji +Air Mata Jitu + Transport Boat + Maksi)  2,500,000 ++  (maksimal 6 orang) apabila budget terbatas kita bisa menginap di samawa transit hotel tetapi kalau ada sedikit tabungan bisa menginap di hotel SAMAWA SEASIDE COTTAGE rate termurah Rp 1.6 jt ++ view disini oke tidak kalah dengan hotel di pulau moyo yang terkenal itu Amanwana yang tarifnya mulai dari US$ 800 /malamSebagian dari staff di samawa seaside ini adalah jebolan amanwana jadi service nya bisa di adu.

DAY 2 : SUMBAWA BESAR – MOYO ISLAND

Dijemput jam 8 pagi (transport include ) ke SAMAWA SEASIDE  (EddySupardi  PIC : eddy@samawaseasidecotteges) 085239 514074 kami langsung disambut oleh pak eddy manager on duty tempat ini; setelah menunjukan kamar kami yang enak dan nyaman kami langsung diantar ke boat untuk menuju ke desa Labu Aji kepulauan Moyo yang terlihat jelas dari lokasi hotel seaside.  Sebenarnya  ada cara yang lebih murah untuk sampai ke pulau moyo yaitu naik perahu nelayan dari desa AI bari dekat pasar atau dari pelabuhan  Goa selama 1,5 jamTapi kami pilih jalan tercepat karena liburan waktunya terbatas yaitu menuju moyo lewat samawa seaside hanya 20 menit saja.

Sampai di lokasi hotel seaside, di gerbang masuk kami sudah disambut berpuluh-puluh tanaman buah naga, agak masuk ke dalam sudah langsung terlihat pantai dan cottege yang indah dan nyaman.

Welcome drink Tamrind ice tea

Staff disini ramah-ramah,  kami dijelaskan paket apa yang akan didapat harga nya 2,5 jt satu boat + kamar 1,6 jt . Jadi kalau tidak mau menginap disini tidak apa-apa bisa di transit hotel nya tapi kalau ada rejeki lebih enak menginap disini pemandangannya indah.

Setelah meletakan kopr dan berganti baju kami diantar ke boat dengan 3 orang awak yaitu, Musa – Laurent dan Mail , merekalah yang akan mengantar kami ke pulau moyo

Cuaca saat kami naik boat sangat cerah sekali membuat pemandangan disekitar jadi serba biru .

Setelah naik boat cepat tidak sampai 20 menit kami sampai di labuan Aji Pulau Moyo – disambut oleh 3 tukang ojek yang handal yang siap mengantar kami ke Air Terjun Mata Jitu

8b

Desa Labu Aji ini agak sepi apabila tidak ada pengunjung,  pendidikan hanya sampai sekolah tingkat SMP di pulau Moyo ini, sehingga hanya anak-anak kecil yang bermain dihari libur di pantai; Para Ojekers ini adalah anak-anak putus sekolah desa; mereka ramah-ramah dengan kami.

Jalanan yang kami lewati dengan ojek tidak terlalu mulus, tetapi lumayanlah jarak tempuh ke air terjun bisa diperpendek, naik ojek hanya makan waktu 25 -30 menit kalau jalan kaki ya bisa 2 jam lebih itu juga tergantung dari  fit atau tidaknya kita.

Sampai di batas dimana kendaraan tidak dapat lewat lagi kami disuruh untuk berjalan ke arah hutan, di tengah jalan sudah terdengar deru dari air terjun mata jitu. Konon disini ada 7 air terjun yang bisa kita lihat

11 12 16

Di area ini konon ada 7 buah kolam alami yang bentuk nya tersekat- sekat dan bertingkat (tearing) namun tidak boleh di buat mandi atau berenang agar sedimen-sedimen yang terbentuk tidak rontok dan merusak keindahan kolam alam ini.

Namun jagan sedih agak naik sedikit kita akan bertemu dengan kolam alami yang sangat terkenal dimana lady diana juga mandi-mandi disitu. Untuk menuju ke atas harus berhati-hati karena jalanan agak  licin dan berbatu .

Sebelum sampai ke lokasi kolam lady Di, kita akan bertemu dengan satu lagi air terjun yang ada gua di sampingnya, saya sangat tidak sabar ingin sekali menikmati kesegaran air itu. Dan berdasarkan informasi pak  Musa kolam di bawah air terjun ini boleh dimasuki asal hati-hati karena licin.

Dibantu oleh tukang ojek yang saya naiki saya berhasil naik ke gua dan berenang ke dalam kolam  dibawah air terjun. Waduh ini pertama kali saya merasakan air yang begitu segar dan rasanya sejuuuuk sekali, Tidak heran kalau kita lihat di film-film kalau peri-peri mandi di kolam alam mereka teriak-teriak kecil disana, kami pun begitu  karena merasa sangat beruntung bisa merasakan kesejukan dan kesegaran air pulau moyo ini.

ke 4 pria yang mendampingi kami sudah tidak segan-segan lagi dengan kami memanas-manasi kami untuk berenang-renang di tempat ini , tapi karena takut waktu terbatas untuk snorkling sehabis ini maka kami sadar diri langsung naik dan berjalan kembali menuju ke kolam lady diana itu.

9 10

Sesampai kami di tujuan ada meja kayu di tepi kolam dan tiba waktunya untuk makan siang. tapi sebelum makan saya dan yani ingin cibang cibung dulu di kolam tante diana ini. ternyata kolamnya cukup dalam, berkali-kali pak florent meyakinkan kami untuk turun. akhirnya saya dengan kemampuan sedikit gaya renang ala gukguk pun memberanikan diri  untuk turun tapi agak terpeleset sehingga saya sliding di bebatuan, untungnya licin jadi seperti main perosotan dan tidak terluka sedikitpun.

Setelah puas cibang cibung di kolam lady diana ini kami pulang kembali ke tepi pantai untuk snorkling melihat keindahan karang sekitar pulau Moyo, ada beberapa spot, kami cuma ke spot labuan aji, jarak pandang nya lumayan clear, sebelum ke spot kami melewati penginapan Amanwana  hotel bintang 5 yang sering didatangi artis hollywood itu. Kalau mau mampir bisa di arrange dari samawa tapi kita harus melakukan pembelian disana Hotel Amanwana sumbawa

Sekitar jam 4 kami puas dan kembali ke samawa seaside, santai di kolam renangnya yang langsung menghadap ke laut

Menunggu matahari terbenam kami duduk duduk di resto berdasarkan info pak edi kalau musimnya kita dapat menyaksikan  rombongan kelelawar pindah lokasi di sore hari. Sayangya sore itu mereka tidak lewat. Karena bukan musim liburan kami cuma berdua yg dinner disitu,

Esok paginya kami bangun jam 6 dan lihat sunrise tinggal melangkah ke arah pantai dari kamar kami

Sejuk sekali udaranya dan pemandangannya indah dan tenang, dijamin pasti banyak ide bisa muncul melihat pemandangan ini.

Breakfast di samawa seaside standard lebih variatif yang di transit, setelah breakfast kita bisa melakukan banyak aktifitas seperti berenang, bersepeda yg sudah disediakan di taman atau photo2 dipantai

Jam 2 sore kami check out, jangan lupa mampir di desa penghasil susu dan beli permen susunya, kalau mau beli tenunan sumbawa ada lokasi desanya dekat samawa seaside ini.

Kembali ke kota sumbawa besar kami tour keliling kota beli oleh2 seperti madu sumbawa, minyak sumbawa untuk urut2, terasi juga terkenal dan mampir juga beli batu akik khas sana yaitu buluh perindu buat oleh2.

Sorenya kami ber spa ria di samawa transit, pagi kami kembali ke lombok dengan pesawat wings air pukul 6 pagi cukup 40 menit saja kami sudah sampai di Lombok praya dengan tiket seharga 350 ribuan.

Walaupun singkat sumbawa sangat indah dan mudah dijangkau