Jembatan Suramadu
miJembatan Suramadu

Sebenarnya keinginan untuk ke madura sudah sejak lama, tapi karena mungkin tempatnya terlalu dekat dan yang terkenal di sana oleh umum adalah karapan sapi, maka tujuan ini dikesampingkan.

Kebetulan pada saat  trip sebelumnya saya berkenalan dengan eris anak surabaya, maka gayung bersambut, yani pun setuju next destination adalah Madura. Kemungkiann 17 agustus ada karapan sapi katanya.  jadi saya dan yani berangkat hari jumat malam, dan sampai di surabaya pagi dini hari, rencana ambil cuti 1 hari jadi kami kembali hari Senin malam.

HARI PERTAMA

Kami menginap di hotel Santika Jemursari lumayan lokasinya sudah dekat dengan suramadu. Sabtu Pagi mulai lah perjalanan kami

tujuan pertama adalah kota Bangkalan, tempat dimana penjual batik berada , karena motif nya yang warna warni batik madura ini membuat kami kalap

Beberapa motif batik madura
Beberapa motif batik madura

dan sambil menuju ke lokasi penjualan bebek madura, bebek sinjay. di bangkalan tempat jual bebek madura paling nge hits, walaupun disekitarnya banyak versi2 penganan bebek yang lain dengan nama yang aneh-aneh tapi konon menurut kabar di sinjay lebih mantap rasanya. Memang setelah dirasakan cukup unik dan berbeda rasanya, ada harum rempah dan sambal mangganya mantap rasanya.

bebek sinjays

dari arah bangkalan kami langsung menuju ke arah kota sampang,  untuk melihat air terjun Toroan, yaitu air terjun yang langsung turun ke laut.  Menuju kesana cukup jauh walaupun ada penunjuk jalan nya namun karena banyak  jalan di tutup karena hari itu adalah sabtu menjelang 17 agustus yang penuh kegiatan warga setempat.  Akhirnya kami sampai juga di tepi laut dan lokasinya cukup dekat dari jalan raya.

Pada waktu kami tiba hari kira-kira sudah pukul 4 sore, air laut sedang surut sehingga kami bisa berjalan mendekati air terjun dari bagian bawah. Walaupun penuh bebatuan namun pemandangan nya cukup indah. Ditambah lagi dari sisi air terjun itu kita bisa melihat matahari terbenam.

madura air terjunmenurut informasi penduduk setempat airnya akan memenuhi semua lokasi kering tempat kami berpijak apabila air pasang, jadi tidak memungkinkan untuk memotret dari jarak dekat seperti kami lakukan.

air terjun toroan madura7

Kami menunggu sampai matahari terbenam melihat sunset, tapi ternyata lokasi ini sungguh sepi saat jam-jam maghrib selain itu akses menuju ke lokasi ini pun akan segera di tutup mencegah kegiatan-kegiatan yang tidak diinginkan kata penjaga pos nya.

madura-air-terjun

Dari sini kami naik mobil lagi menuju kota pamekasan untuk beristirahat,  informasi katanya ada karapan sapi di sana, dan ternyata tidak ada pada saat tujuh belas agustus itu.  Jaraknya cukup jauh dan jalannya berliku-liku dari  Sampang ke Pamekasan, 3 jam lebih lah  kami masuk kota sampang kira-kira jam 7 malam. Langsung kami berencana untuk makan. Kami mencari lokasi sate laler atau lalat yang terkenal itu.   Sate laler ini dagingnya bisa pilih ayam. kambing atau sapi tapi porsinya  kecil-kecil sekali. jadi satu orang minimal 20 tusuk baru kenyang.

Yang kami coba adalah satai lalar di depan hotel Ramayana jalan niaga. Lumayan juga rasanya dan tidak terlalu ramai di dekat lokasi ini ada butik batik khas madura yang lumayan juga model dan beragam coraknya namun agak mahal juga.

sate lalar khas madura
sate lalar khas madura

sate lalar2

Karena hari sudah malam kami mencari tempat beristirahat dulu, dan karena hotel ramayana di depan kami sepertinya penuh sekali maka kami di rekomendasikan ke hotel new ramayana yang lebih baru dan bersih oleh pemilik toko butik; lokasinya new ramayana pamekasan hotel – JL. TRUNOJOYO 88  Telp :  new ramayana pamekasan hotel – 0324 – 333237 .  Hotel ini bersih, dan harganya pun tidak terlalu mahal,  300 ribu per malam untuk kami ber 3 + breakfast yang lumayan enak, kamar mandi dengan shower air panas AC yang lumayan dingin

new ramayana
new ramayana

Tidak jauh dari hotel ada lokasi api abadi (api tak kunjung padam)  berkendara sekitar 10 menit sampailah kami di lokasi yang ramai dengan jualan kaki lima . Ditengah-tengah lokasi nampak orang-orang sibuk membakar jagung, ubi dan sejenis nya di atas api-api kecil yang bermunculan dari dalam tanah. Warna api ini biru, seperti api kompor gas.  Agak diluar dugaan, di otak kami apinya besar sekali ternyata kecil-kecil dan banyak spot nya, makin di korek-korek pasir disekitarnya apinya makin membesar.

api3 api2 api1

HARI KE DUA ( PAMEKASAN – SUMENEP )

kami di Madura adalah tanggal 17 agustus, herannya tidak ada kegiatan apa-apa disekitar pamekasan ini , keliling ke GOR, alun-alun dan tempat keramaian lainnya sepi. Akhirnya kami memutuskan untuk melihat daerah pantai pulau madura di daerah Sumenep.

sumenep-map

pantai disekitar sumenep on th

 Setelah sarapan Soto di hotel kami melanjutkan perjalanan menunju menep, jalan raya di pulau madura ini bagus dan mulus;
Karena perjalanan cukup panjang kami terkadang berenti di tepi jalan untuk melepas lelah sekalian mengambil foto dari pemandangan yang  bagus di mata.
Karena rencana lihat karapan tidak tercapai kami memutuskan untuk melihat lokasi wisata relegi di sekitar kota Sumenep yaitu Astana Tinggi.
asta tinggi
Dari sini setelah mendengar cerita sejarah dari pangeran-pangeran yang di kubur disini kami menuju 2 pantai yang konon paling terkenal di madura yaitu pantai Slopeng dan pantai Lombang.   Jalanan cukup berliku sebelum kami menemukan pantai Slopeng,  ternyata pantai ini tidak terlalu ramai
pantai-slopeng
 Setelah makan rujak disini kami langsung menuju ke pantai Lombang yang lebih ramai. Bila kita lihat di peta kedua pantai ini terletak di satu garis pantai, sehingga pemandangannya hampir sampai. Pantai Lombang lebih ramai karena fasilitasnya cukup memadai. Kedua pantai  ini tidak seperti pantai di Indonesia yang  biasanya ditumbuhi pohon kelapa atau bakau tapi  pantai ini ditumbuhi oleh Cemara Udang
CEMARA UDANG BONSAI
saCEMARA UDANG BONSAI

Selain itu di Pantai Lombang orang bisa juga menikmati  berkuda di tepi pantai, main di lautnya yang landai atau sekedar duduk-duduk di gazebo dengan memakan makanan yang banyak dijajakan di pinggir pantai. Pantai ini termasuk bersih karena ada petugas yang rajin menyapu sampah pengunjung.

pantai-lombang2 pantai-lombang

Pantai dengan Cemara Udang
Pantai dengan Cemara Udang

Karena belum makan seharian kami semua sudah mulai masuk angin, dan ternyata perjalanan menuju ke hotel di sumenep lumayan jauh,

kami sampai pukul 3 di kota sumenep, hotel yang sudah kami booking adalah hotel C1, karena jalan banyak ditutup untuk 17 agustus kami lumayan sulit mencari lokasi hotel yang berada di area perumahan.

C1hotel C1 lumayan direkomendasikan, bersih dan pelayan cukup ramah, kamarnya besar dan bermodel arsitektur daerah jawa.  Kami langsung memesan makanan di sini dan istirahat karena kecapaian dan masuk angin. Malam nya kami keluar sebentar untuk makan sayangnya resto-resto banyak yang tutup. Kami Check out jam 5 pagi keesokan harinya karena berencana menyebrangi selat madura menuju pulau Gili lyang dari pelabuhan Dongkek 3 jam an dari Sumenep.

HARI KE TIGA

nSesampai kami di pelabuhan dungek kami mencari perahu untuk di sewa, Sunrise nya cantik sekali disini, pelabuhan masih sepi

sunrise

 

kami dapat perahu pak abu basir yang mau nego dengan harga yang cukup masuk akal; ABU BASIR – 087750066654; Penyeberangan lamanya tergantung dari ombak ; karena Gili Lyang melawan ombak kami sampai 45 menit terapung-apung di laut selat madura dengan ombak lumayan masuk ke kapal membasahi muka kami dipagi hari. ditambah sinar matahari yang lumayan mencoronggily-lyang

Akhirnya sampai juga kami di pulau Gili Lyang – pulau yang konon katanya memiliki kadar oksigen tinggi dibanding wilayah lain di Indonesia.  Memang udara disini tidak berbau amis seperti pantai pulau lainnya. dan segar nya memang berbeda rasanya.

gili-lyang-port gili-naike

Disini untuk berputar-putar kita harus menggunakan jasa ojek, 50 ribu 1 jam putar pulau. Penduduk ramah-ramah kami ber 3 disambut dengan baik.

naik-ojek

Tujuan  pertama Gua yang menurut mereka baru ditemukan; Yani yang anti gua dan parno masuk ke tempat gelap tidak terlalu parno karna guanya  tidak pengap dan uniknya dinding nya berkilap-kilap seperti ada batu-batu permata yang menempel di dindingnya

gua gua daaNext stop  adalah tempat terdamparnya ikan paus pantai disisi yang berbeda dari kami mendarat tadi.

pulau gili2tulang Ternyat a kerangkanya lumayan besar dan cukup terawat ; pemandangan disini juga lumayan bagus ; ditambah udaranya yang segar kita tidak terlalu merasa capai untuk jalan-jalan agak jauh. Konon penduduk disini pun memiliki umur yang panjang karena sehat menghirup udara yang segar tiap hari. Hal ini pun masih diteliti oleh para ilmuwan dari LAPAN bandung  darimana sumber oksigen yang bagus ini.

Selanjutnya kami ke pelataran tertinggi di pulau ini untuk duduk-duduk menghirup udara yang langka ini. Lalu karena waktu terbatas kami jam 12 harus sudah harus kembali ke kota.

IMG_3781pulau gili lyang

Kembali ke dongek  lebih cepat karena air laut sudah naik dan kami tidak bisa jalan di pantai karena pantai sudah hilang di penuhi air

Air pasang pelabuhan dongkek
Air pasang pelabuhan dongkek

Akhirnya kami naik mobil dan menuju kembali ke kota sumenep – disitu kami mencari sop kaldukokot yang terkenal, dan karena penasaran karena tidak buka malam hari. Ternyata tempatnya agak masuk ke dalam lokasi agak susah dicari di jalan wahidin belakang musium keraton. Untunglah kami ketemu tempat ini, ternyata kokot alias otot ini enaknyooo ; rasanya gurih dan kokot (sepertinya kikil ) ini lembut sekali dan kenyal tapi tidak alot dicampur antara lain dengan kacang hijau sehingga membuat kuahnya kental-kental tak terkendali yang membuat rasanya unik seperti bubur gurih. Makannya bisa dengan lontong atau semacam combro.

Pokoknya enak deh gak nyesel kalau mampir disini.
kokot

Di depan gang menuju ke warung kokot ini, ada oleh-oleh khas madura, kami membeli banyak sekali rengginang berbagai rasa

setelah puas beli oleh-oleh kami kembali menuju surabaya mampir kembali di pamekasan untuk menggunakan waktu terakhir di madura untuk membeli batik khas madura ; lokasinya di koperasi dekat sekolah lengkap isinya.

Akhirnya kami meniggalkan pulau madura dengan gembira dan dengan buah tangan yang cukup beragam.

Lumayan weekend yang cukup menyenangkan Thank you eris untuk mobil nya yang nyaman