Ubur-Ubur tidak beracun dari Derawan
Stingless Jellyfish from Kakaban

Pulau Derawan terletak di Pulau Kalimantan sebelah Timur: Untuk menuju ke sini dari Jakarta ada 2 cara yaitu dari Berau atau dari Tarakan.

Sesampai di Tarakan kami menginap di pulau Derawan dengan naik kapal selama 3 jam;  waktu itu kami berangkat jam 13.00 sore ; Ombak nya lumayan kami menyewa speedboat

Sampai di pulau Derawan kami menginap di hostel yang dibangun di atas laut ; dikiri kanan kami tidak ada pantainya kalau mau menyewa resort yang ada pantai nya tersedia juga di bagian ujung kanan pulau tapi lebih enak yang kami tempati karena gabung dengan penduduk lokal jadi bisa berinteraksi dengan mereka.

Penginapan di Derawan

Pulau Derawan terkenal dengan penyu hijau nya baru saja kami mendarat di penginapan sudah terlihat satu penyu besar berenang-renang di depan penginapan disela-sela speedboat yang parkir

Penyu Hijau

Setelah menempati kamar masing-masing kami  jalan-jalan sore menyusuri kampung derawan ini , tersedia penganan sore disepanjang jalan kampung seperti mie instant, air kelapa muda, baso, dan yang lumayan jarang ditemukan di kota ya sate kerang atau sate cumi.

Desanya bersih sekali, penduduk sangat sadar wisata, jalanan nya berpasir putih. Kadang bebek atau kambing peliharaan penduduk bisa lewat dijalan utama nya.  Listrik di tempat ini baru menyala pukul 6 sore jadi memang enaknya sampai disini agak sorean

Sekitar Kampung

Besoknya kami seharusnya sudah menuju kakaban tetapi karena konon kabarnya sangat ramai pengunjungnya maka kami keliling-keliling dulu di sekitar kampung dan bersnokling di sekitar derawan.

Kebetulan karena bulan maret masih musim hujan sehingga arus agak deras, dan air agak keruh tetapi tetap saja indah.

Derawan

beHari Itu kami naik boat pagi-pagi dan menyusuri sekitar pulau Derawan dan singgah ke pulau Gosong  ( pulau kecil dengan pantai pasir putih yang tidak berpenghuni )

wp3

Disekitar sini arusnya lumayan kencang ; waktu itu kami pergi di bulan maret 2013 dan cuaca agak-agak sering turun hujan.

wp7 wp1

untungnya hujannya biasanya sore menjelang malam dimana kegiatan main di laut sudah akan selesaiwp2 wp7

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya  Derawan terkenal juga dengan tempat penyu bertelur; dimalam ke dua kami menginap di derawan kami dapat menyaksikan tukik (anak penyu ) menetas dan di larung ke laut  bersama pencinta alam di sana yang telah menerima training melestarikan penyu hijau dari WWF

tukik

Besok paginya kami bersiap ke Maratua tempat penginapan bagus tapi punya orang malaysia;  Kakaban tempat adanya danau yang penuh ubur-ubur tapi tidak beracun dan Sangalaki tempat pari Manta mencari makan.

Sayangnya kamera underwater saya mendadak ngadat sehingga gak puas belum bisa photo di UW nya Kakaban