Trip to Ora Beach – Seram Island – Maluku

ikan ora copy
Hari Kamis 9 Mei 2013 adalah hari libur ; kami  ber 5 memutuskan untuk pergi ke Pulau Seram tepatnya ke Ora Beach Resort; Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan merupakan tempat wisata bahari yang sangat indah.
Akhirnya setelah searching di dunia maya; tanya sanasini ketemu juga contact person  dari Ora Beach : Bapak Alvin Latukonsina (anak pemilik resort ini) kalau mau booking silahkan ini nomor HP nya : 08170833554

Alvin di no. 08170833554 ; di SMS aja ; atau coba melalui facebook Ora Beach Resort atau via email Orabeachresort@yahoo.com
atau menghubungi Jln. Raya Waitatiri Ambon, Maluku Tlp 0922-362717

atau coba yg lain no HP Alvin Latuconsina di (+62) 08111-909-404

Dengan rencana menginap 3 hari kami ber 5 diberi paket seharga 1,6 jt per orang didalam paket tersebut sudah termasuk makan ;mobil jemputan dari pelabuhan Masohi ke desa Saleman (2 jam) lalu naik katingting (kapal motor) ke Ora PP (10 menit)  plus biaya keliling-keliling 3 hari disekitar pulau 3 spot  ( kamar mix 2 hari di lokasi darat dan 1 hari di laut )
Berangkat pukul 00.30 dengan garuda kami tiba di bandara Patimura jam 7 pagi  ( harga tiket garuda 2,5 jt PP ) Naik Angkot atau mobil sewaan  langsung ke Tulehu untuk naik kapal boat sekitar 2 jam  ( tiket 250 ribu vip tersedia juga kelas ekonomi tapi rekomen yang VIP deh pakai AC dan nyaman ) menuju ke masohi pulau seram: dari sini lalu naik kendaraan pribadi  1 jam ke saleman dari situ menyebrang ke ora dengan kapal tingting 15 menit
rempong
  • Menginap di ORA BEACH RESORT (di darat ) estimasi  kmr di darat / org 500.000 ; di laut 700 rb

oranya2 oranya

Turun dari kapal Cantika di Masohi ramai sekali dengan hujan turun agak lebat kami hati2 turun dari kapal; ini untungnya kami mengambil paket ; karena sudah di jemput mobil dari Ora sehingga bisa langsung berangkat.

Diperjalanan pemandangan nya adalah pohon-pohon hutan coklat dan berbagai jenis pohon lain yang tinggi dikiri dan kanan. Perjalanan 2 jam tanpa rem karena bung driver sudah paham betul medan yang dilewatinya, kamipun tertidur kelelahan.

Sampai di desa Masohi turun dari mobil kami sudah di sambut anak-anak setempat yang berebut memanggul barang dari dermaga ke kapal tingting ; Pemandangan alam sangat menakjubkan walaupun hari sudah cukup sore . _MG_00841-_MG_0096

Wajah mereka polos dengan rambut keriting dan senyum khas maluku tertawa lebar menyambut kami-kami dari kota ;Sayangnya saya lupa membawa kue-kue dan permen dari Jakarta ketinggalan ; pasti senyum mereka akan lebih manis kalau dibawakan oleh-oleh; Ketika kami serombongan membawa kamera SLR mereka dengan girang berpose.

Dari kampung Masohi ini kami sudah bisa melihat Ora beach Resort yang menawan;  dan air laut disini sangat bening sekali ; sampai-sampai karang dibawah terlihat jelas ; ikan-ikan hilir mudik di dalam air dapat diphoto dengan mudah tanpa harus memakai underwater camera.

Wah memang indah sekali Pulau Seram ini ; di background Ora ini kita bisa melihat bukit-bukit bebatuan yang diselimuti hijaunya hutan.

Ora Beach Resort
Perjalanan dari desa Masohi ke Ora dapat ditempuh hanya dalam 15 menit dengan kapal tingting

Sore pertama kami tiba di Ora Beach tempatnya sesuai dengan yang kami bayangkan, bersih, indah terawat dengan baik. Hujan sudah mulai reda dan kamipun menyeberang dengan beberapa rombongan lainnya.

Makan siang sudah tersedia berbagai macam seafood di resto yang dibangun di bagian tengah lobi menjorok ke laut

Resto Ora Resot tempat tamu bersantap
Resto Ora Resot tempat tamu bersantap

Disekitar jetty resto inilah kami menghabiskan sore hari pertama kami dengan makan berat, makan sedang, dan makan ringan pokoknya sampai puas, setelah kenyang kami ke dermaga melihat kehidupan biota laut yang indah dengan mata telanjang karena airnya sangat jernih sekali.

makananHari pertama kami mendapatkan kamar di darat : Ora beach resort in hanya memiliki kamar terbatas 6 dilaut dan sisanya kira-kira 8 didarat  . Untuk mendapatkan kamar di ora beach ini lumayan sulit terutama dihari libur panjang; jadi ada baiknya segera booking jauh-jauh hari sebelum kedatangan. Selain itu karena sudah ada trip rutin yang dijalankan oleh EO seperti Kakaban Trip sehingga prioritas kamar pastinya untuk mereka. Alhasil Kami mendapatkan 2 hari kamar di darat yang posisinya agak jauh dari dermaganya .

_MG_0193

Setelah puas snorkling disekitar pulau dan hujan pun turun lumayan deras kami menghabiskan malam di kamar dan jam 7 malam kami makan malam di jetty bar sambil mendengar rombongan lain yang komplain karena tidak kebagian kamar. Sebenar nya sore hari kami ada acara melihat burung lusiala di negeri saleman dengan menggunakan boat namun karena lebih tertarik cibang cibung di air kami melewati kesempatan tersebut.

Paginya kami sarapan untuk ke tempat Pak Ali di desa  sawai menggunakan perahu katiting yang sudah disiapkan oleh manajemen Ora beach   – untuk mendapatkan  paket  bird watching besok paginya di desa Masihulan + tracking di hutan di Sawai yang sudah termasuk Taman Nasional Manusela .  Muhamad Ali dapat dihubungi di: 0821-97556442 atau 0821-11181137 .   Beliau ini pemilik Lisar Bahari Homestay ; salah satu alternatif tempat tinggal apabila Ora Beach Resort penuh; tarif kamarnya pun jauh lebih murah mulai dari Rp.200.000 namun ya fasilitas tentunya tidak sebaik dan bersih seperti di Ora Beach Resort.

Sebenarnya selain bird watching di penakaran di desa masihulan maka ada yang lebih menantang yaitu bird watching dengan menggunakan rumah pohon ; sayangnya rumah pohon terdekat dari sawai sudah rusak dan belum diperbaiki, harga paket tracking dan bird watching ditambah dengan makan siang adalah 100 ribu seorang.

_MG_0322 pak ali d bani

Sesampai di desa sawai kami melihat-lihat keadaan penginapan lisar milik pak muhamad Ali ; cukup banyak kamar tersedia dan harganya juga jauh lebih murah dari Ora Beach Resort seharga Rp 200.000 tapi ya fasilitasnya sesuai dengan harganya; demikian juga dermaga di depan nya jauh lebih jernih dan bersih di Ora; Jadi tergantung kocek kita ala koper atau ransel tinggal pilih.

Pulang dari Pak Ali kami snorkling di sekitar bukit negeri sawai menuju Ora

_MG_0238 _MG_0223_MG_0235_MG_0199

Selanjutnya kami pulang makan dulu, baru menuju mata air belanda : dimana ada mata air yang mengalir ke laut ditemukan oleh orang Belanda, airnya terasa tawar dan sejuk ; suasana sangat indah sampai tiba-tiba turun hujan; kami kembali ke Ora: malam hari nya tinggal kongkow-kongkow di jetty resto lagi.

_MG_0381_MG_0439

Pagi-pagi jam 4 pagi harus bangun supaya bisa berangkat ke desa sawai untuk tracking dihutan manusela bersama bung buce ;

_MG_0541

Awalnya agak curiga juga ; waktu pak ali ditanya berapa jauh tracking nya ; beliau tidak menjawab dengan jelas ; ternyata medannya cukup berat ;  menanjak melewati rumput-rumput gatal dan pohon -pohon tumbang ; tapi karena pak buce orangnya sangat ramah maka kita tidak bosan dan lelah mendengar ceritanya dimana dulu dia adalah penangkap burung -burung langka di hutan manusela ini ; namun ada seorang wanita belanda peniliti yang datang yang menyadarkan nya lebih baik dia membawa tourist dimana pendapatannya jauh lebih besar dibanding menjual burung -burung endemik maluku yang dilindungi  yang harganya tidak seberapa kalau di jual.

Di perjalanan kami sibuk mengabadikan binatang -binatang aneh seperti laba2 berwarna indah, belalang dan tentunya burung2 yang sering lewat di atas kami ; rangkong, kakaktua, dan nuri. Sayangnya karena kami tidak bisa naik ke rumah pohon yang sedang rusak maka kami tidak bisa mengabadikan burung-burung liar tersebut.

Menurut bung Buce apabila sudah diperbaiki harganya tidak terlalu mahal untuk naik kesana tidak sampai 5 juta rupiah untuk menaiki rumah pohon harga berkisar  300 ribuan lah kalau rombongan per orangnya

IMG_3159desa

Pulang dari sini kaki kami gatal-gatal; karena banyak tumbuhan gatal disepanjang jalan;  setelah melakukan perjalanan 5 jam kami sampai di rescue center di desa Masihulan ; desanya bersih rumah pak buce juga disini. Kami melihat burung-burung endemik seperti kakak tua, nuri , merak, dan kasuari yang sedang di rehabilitasi agar dapat dikembalikan ke hutan. Burung-burung di sini umumnya adalah burung sitaan dari pemilik pribadi jadi rata-rata mereka pandai meniru bahasa manusia. Disini kita dilarang untuk mengajak burung2 itu bicara karena itu memperlambat proses mereka kembali ke alam liar.

boti

sorenya; Untungnya kami pulang bisa naik ojek karena kelelahan rasanya tidak sanggup lagi untuk jalan kaki ke penginapan pak ali. Karena motor hanya tersedia 3 maka jadilah saya dan yani bonceng tiga dengan bung buce

Hari ke 3 kami pindah ke kamar laut ; wow kamarnya enak sekali sayangnya kami hanya dapat 1 hari saja ; dari kamar kami bisa langsung berenang-renang dibelakang kamar seperti kolam pribadi airnya dingin sekali;

_MG_0759_MG_0757

Ora Beach - Photo by : Yani Siregar
Ora Beach – Photo by : Yani Siregar
ora beach
Ora Beach in the afternoon ; Taken by : Yani Siregar

Hari ke 3 kami hanya tinggal setengah hari di Ora. Kami bangun lagi pagi-pagi jam5 di jakarta artinya jam 3 pagi (waks)

untuk berangkat ke pulau tujuh; dan pulau tengah adalah tujuan kami katanya adalah yang paling bagus view nya ; dan terumbu karangnya juara ;

Kami bangun pagi sempat agak kuatir karena pak marwan yang sudah janji datang dengan perahunya belum juga tiba; kami mendapatkan tambahan anggota 1 pasang newly wed fedi dan edith yang ikutan karena biaya sewa perahu ke pulau tujuh lumayan mahal yaitu 1 jt rupiah jadi lebih enak kalau rombongan seperti kami ber 5

Sampai di pulau 7 kami ke pulau tengah terlebih dahulu; karena masih pagi air masih pasang dan arus lumayan kuat tapi tidak mengurangi kami untuk melihat keindahan bawah laut disekitar pulau ini yang menakjubkan.

sungguh isinya beratus-ratus ikan segala jenis ; yang banyak berwarna biru ; kuning dan hitam hilir mudik disekitar kami yang snorkling.  Kalau dibandingkan underwater di phuket seperti phiphi island dan sekirtarnya jauuuuhhh sekali lebih indah tempat ini; daripada rugi-rugi ke phuket bangkok jauh lebih untung mengunjungi tempat ini ; di Indonesia ada yang lebih bagus.

photosesion di ora beach
photosesion di ora beach

Saya kalau ada kesempatan mau lagi balik nih kesini ya ya ya  -:)

TIPS :

  1.  Sediakan cuti yang cukup minimal  5 hari atau seminggu kalau mau sekalian keliling di kota Ambon karena dari ambon ke pulau seram sudah memakan 1 hari lamanya sampai pukul 7 pagi di ambon di Ora dengan jalur laut tiba pukul 4-5 sore ;
  2. Booking penerbangan sebulan sebelum untuk mendapatkan harga promo
  3. Booking penginapan sebulan sebelum apalagi bila berniat datang pada saat tanggalan merah
  4. Pergi berombongan minimal 5 orang supaya biaya lebih ringan
  5. Rajin-rajin melakukan konfirmasi kepada pengelola penginapan ataupun paket lainnya supaya fix diawal perjalanan
  6. Kalau tidak mau repot bisa ikut paket rombongan yang di sediakan EO tapi kurang nyaman karena bisa saja kurang cocok dengan rombongan yang ikut.
  7. Lebih nyaman berangkat dengan rombongan yang sudah dikenal karena tidak terlalu sulit untuk mencari contact person sewa boat, kamar dan perjalanan nya

Jadwal kapal Cantika Pelabuhan Tulehu – ke pulau seram Amahai:  hanya 2 x pagi jam 9 dan sore jam 3 dan hari minggu hanya 1 x penyebrangan pagi dari ambon dan sore dari Amahai

Advertisements

103 Comments Add yours

  1. Mira says:

    Aduh….ini maldive juga kalah berat…tengkyu for sharing 🙂

    1. rianytam says:

      hahaha iya kok itu salah satu di rombongan yang ke Ora juga sudah pernah ke maldives komentarnya sama :
      Lebih bagus pemandangan alam di Indonesia -:) thank you comment nya yaaa

  2. Miracle says:

    Iya… ya… ngapain gua jauh2 n mahal2 ke Maldives, padahal di Indo lebih keren,.. next trip kudu ke sini… Thanks for Sharing.

    1. rianytam says:

      iya setuju supaya jangan cuman spot wisata negara lain aja yang dipuji2 indahnya padahal spot wisata di negeri sendiri banyak juga yang lebih indah

  3. Wah komplit banget Mbak infonya … Langsung saya simpen deh linknya 🙂
    Makasih udah di-share ya 🙂

    1. rianytam says:

      kalo bisa jangan cuma disimpen yak dikunjungin juga spot nya -:) beneran keren koq

      1. Pasti dong ya Mbak 😉

  4. info says:

    tarif speedboat naik, yg VIP 225rb, ekonomi lupa +- 150rb

    1. rianytam says:

      ebuset naiknya lumayan juga ya; thank you info nya

  5. lee says:

    jadi jam brp mbak balik ke ambonnya dari pulau ora?
    pake nginep semalam dulu ya di ambon, kalo mau balik ke jakarta?

    1. rianytam says:

      Hi Elyana,
      iya kalau mau balik ke jakarta dari Ora harus nginep 1 hari karena pesawat kan jadwalnya jam 8 pagi jadi mending extend 1 hari di Ambon sayang udah nginep tapi gak sempet jalan2 di Ambon bagus juga loh ambon-:) makanya kalau bisa 1 minggu jadi bisa 4 hari di Ora 2 hari di Ambon
      Jadwal Cantika Express 2x pp salami sehari, dari Tulehu pk. 9 dan 16 sdangkan Dr Amahai pk. 8 dan 14

      perlu dicatat nih khusus hari minggu hanya 1 x jadi pulang dari pulau seram (amahai) jam 13.00 harus sudah dipelabuhan dari ora jam 10.30 paling lambat.

      BTW rate kapal udah naik yah gara2 bbm naik VIP sekarang Rp 225 rb

      Smoga info nya bisa membantu

  6. dianmuvida says:

    susah banget nyari informasi ke ora beach sampe detail kaya gini 🙂
    aku bookmark yahh 🙂
    pengen hanimun kesanaa, soon 🙂
    kalo boleh tau, menurut orang sana, baiknya ke sana sekitar bulan apa ya ? ko aku baca, ceritanya kayanya hujan melulu 🙂

    1. rianytam says:

      Hai dian, senangnya bisa ada manfaatnya: iya betul tempatnya bagus banget tapi info nya minim;
      makanya dibuat detail infonya.
      Menurut orang sana sih Maret – April atau sept – awal desember best time nya
      tapi yaaa namanya Indonesia jaman sekarang ramalan cuaca udah gak berguna -:)
      bisa maju bisa mundur jadwal hujannya.
      Jan – Feb ombak nya besar

      waaa hanimun; pastiin dapat kamar yang di laut yaaa; bakalan susah moveon kalo dah tidur disitu hahaha

      1. dianmuvida says:

        iyaa ngincernya emang kamar yang di laut ituu 🙂
        oo okee,, intinya avoid Januari – Februari dan Mid year yaa biar maksimal 🙂
        makasii banyak infonyaa 🙂

    2. di sana emang hujan mulu ka, kan hutan, aku pernah mudik pake motor kehujanan sejauh 50-100 km dari waipia sampai wahai

  7. Flo says:

    Halo Mbak, makasih infonya lengkap sekali jadi kenyang bacanya 😀
    btw, mau tanya kira” klo mau ke Ora nd nikmatin semua fasilitasx mst siap bajet brp totalnya?!

    1. rianytam says:

      hi Flo ; klo kenyang artinya enak dibaca donk yak ; thank you ;

      budget tergantung dari cara perginya flo ; kalau cuman ber-dua ya beda dengan rombongan
      sbg gambaran kemarin kami pergi 5 orang ;
      kira-kira habis 5 jt udah termasuk pesawat garuda ( tapi selama di ambon gratis karena ada 1 kenalan)

      kalau tertarik mau gabung dengan trip ada kakabantrip namanya mereka ada jadwal regular kesana;
      lumayan sih bisa ketemu kenalan baru + semua sudah diurusin termasuk tiket pesawat -:) koordinatornya Malik namanya
      Tanggal trip terdekat : 26 Sep – 29 Sep 2013 kalau mau gabung. harus buru2 karena tempat terbatas -:)
      liat linknya di http://www.kakaban.co.id

  8. Ery says:

    Wuidihhh kerennn..
    Mau tanya dong mba, itu kamar nya Kane itungannya per orang ya? Emang bisa nampung brp org?
    Terus dari bandara ke pelabuhan tulehu pake apa?

    1. rianytam says:

      Hi erry, harga perkamar yang di laut published rate nya 700 ribuan kamarnya gede;aku saranin
      mendingan langsung nego ke Bapak Alvin Latukonsina (owner nya)
      kalau mau booking silahkan ini nomor HP nya : 08170833554.
      dia biasanya kasih harga paket;,orang nya baik dan ramah or
      langsung ke wall nya ttps://www.facebook.com/pages/Ora-Beach-Resort (dijawab kok ama beliau)
      paket saya kemarin per orang 4 hari ( kamar, makan, jemputan PP, Nyebrang dari Saleman ke Ora naik perahu tingting PP, plus sewa tingting 3 hari buat muter2)1,6jt ; or bisa di kombinasi kalau budget terbatas nginep di penginapan Lisar punya pak ali kalau itu harganya 200 ribuan

      nanti dikasih paket penjemputan ke masohi dan bisa minta tolong sama bp alvin untuk beliin tiket kapal nya; jadi kita nanti bisa langsung naik tapi info nya yang vip sekarang udah naik jadi 250 ribu tarifnya

      Nah kalau dari bandara ke tulehu gak usah kuatir banyak angkot kok atau ojek (50 ribuan) ; or taxi non meteran gitu juga ada; 15 mnt ke pelabuhan bisa pilih tarif yang sesuai kantong kita bisa nego pak alvin minta sekalian jemput kalau memang ramai rombongannya

  9. Lily says:

    Kalau jadwal penyebrangan kapal Cantika dari pulau Seram ke Tulehu ada di jam berapa aja ? Trimakasih

    1. rianytam says:

      Hai lily, Jadwal Cantika Express 2x pp dalam sehari, dari Tulehu pk. 9 dan 16 sdangkan Dr Amahai pk. 8 dan 14 kecuali hari minggu jadwalnya hanya satu kali

      Ada sih kapal ferry untuk bawa mobil dari ambon: tapi enggak rekomen deh soalnya selain memakan waktu perjalanan lebih lama beda 5-4 jam plus jalan yang dilewati medannya cukup berat kalau lewat darat sampai Ora bisa hilang mood nya -:) mending langsung sewa di Amahai banyak kok

  10. Lily says:

    Untuk menyebrang ke pulau Seram selain Boat, bisa pake kapal Ferry ga ? Supaya bisa bawa mobil sendiri dari kota Ambon. Mohon info-nya. Trimakasih….

  11. dena says:

    Contact person nya ora beach resort kok gak bisa di hubungi ya? Atau ada cara lain utk booking 🙂 thanks

    1. rianytam says:

      Alvin di no. 08170833554 ; di SMS aja ; atau coba melalui facebook Ora Beach Resort : minggu kemarin dia reply kok atau via email Orabeachresort@yahoo.com
      atau menghubungi Jln. Raya Waitatiri Ambon, Maluku Tlp 0922-362717

      atau coba yg lain no HP Alvin Latuconsina di (+62) 08111-909-404

  12. vikafelina says:

    Bagus bgt yaaa pemandangan n resort di ora beach.. sayangnya ga ada foto dlm kmr yg resortnya hehehe itu hrg resortnya kan lmyn mahal tu, tp fasilitas yg didpt gmn? Mksdnya ada ac atau kmr mnd didlm resort yg diatas air itu tdk heheh

    1. rianytam says:

      Hai vikafelina,

      Sengaja kok aku gak masukin foto dalam kamarnya biar penasaran; bagus kok dalamnya; kamar mandi ada di dalam + hot/cold water nya; No AC karena udaranya kalau malam lumayan dingin: kalau siang memang panas tapi kita kan main di laut pastinya: sesuai kok dengan harganya: plus kolam yang dibelakangnya itu waahhh gak kebayar deh dengan harga segitu;

      Btw kalau budget terbatas tersedia harga kamar mulai dari 200 ribuan: di penginapan pak Ali: cuman 15 menit dari Ora Beach Resort nanti bisa minta main-main juga di pantai Ora

  13. vikafelina says:

    Wahhh bgs ya resortnya, sayang ga ada ft dlm kmr nya, itu hrg resortnya kan lmyn mhl y, apa ada fasilitas ac gt jg? Hehehe

  14. Zentz says:

    Hi riany, makasih untuk infonya mengenai pulau ora 🙂
    Untuk rekreasi2 seperti snorkeling, tracking, dan bird watching apakah disediakan oleh pihak ora beach atau mbak sesampainya disana baru mencari tahu ada rekreasi apa saja?
    Dan kalo boleh tau berapa harganya? 😀

    Dan untuk ukuran kamar sendiri, cukup untuk berapa orang? Adakah extra bed? 🙂

    1. rianytam says:

      Halo Handy,
      Untuk snorkling alatnya kalau bisa bawa sendiri; pihak ora ada tapi terbatas ; lifejacket ada sewa 50ribu perhari
      kalau bird watching + tracking di manusela itu jatahnya Pak Ali di penginapan Lisar dia menawarkan paket waktu itu
      harganya per orang 100 ribu + makan siang sederhana. Sebenarnya ada bird watching dari rumah pohon sayangnya waktu
      kami kesana sedang diperbaiki itu beda lagi harganya -:)

      Ora beach sendiri biasanya memberikan paket khusus incl kamar + Makan + Jemputan mobil dari pelabuhan amahai ke saleman + perahu ting2 selama kita menginap 1 hari 1 spot kemarin kami dapat jatah ke mata air belanda, liat burung Lusila di negeri Saleman, Liat tempat buat sagu ; sisanya ya nyewa sendiri kapal tingting sewa ke pulau 7 Rp 1 jt PP jadi mendingan rombongan sih minimal 5 orang ;

      Note : sempetin snorkling di sekitar pulau 7 keren banget pas di pulau tengah underwaternya -:)

      Kamarnya sendiri sih sebenarnya cukup luas; bisa ditambah extra bed; sebelum sampai ke sana kami sempat nego dengan alvin
      ber 5 karena pengen banget di kamar air krn full booked; eh tapi untungnya pas on the spot ada yang batal jadi kami dapat 2 kamar

      semoga membantu -:)

  15. emma noya says:

    Kerennnnn, sy yg asli maluku belum pernahkesini, thanks infonya mbk, labsung masuk ke jadwal travelling sy dan keluarga berikutnya…… Pulau ora, Raja Ampat….keren dan mantap, I love Indonesia 🙂

    1. rianytam says:

      sip.. Emma!! Indonesia bagian timur memang keren: wish you have a great journey -:)

  16. Caroline says:

    Terima kasih utk info nya …ini sangat bermanfaat bagi saya yg rencana holiday ke Maluku (‘~’)xx

    1. rianytam says:

      ambon nya juga bagus; maluku utara juga bagus hahahaha happy holiday

  17. Mimi says:

    Hallo Riany, kami (2 orang) rencana mau ke Pantai Ora bungalow nya Pak Alvin. Mau nanya yah, tuh waktu dijemput dari pelabuhan ke desa Masohi perjalanannya 2 jam kan. Gimana jalannya? lancar atau macet?apakah byk kendaraan jg yg ditemu di perjalanan atau cuma mobil rombongan Riany doank. Kita deg deg an juga cuma berdua, takut bahaya ngak yah? trus di Ambon tinggal dmn yah? Makanannya di Ora Beach enak ga? Kalau di desa Masohi ada yg jual makanan (misalnya pas Masakannya Ora Bungalow tidak pas dengan lidah kita 🙂 Thanks atas sarannya.

    1. rianytam says:

      Hai Mimi,

      Amahai ke masohi langsung dijemput mobil oleh orangnya pak alvin; perjalanan 2 jam lancar jaya; jalanannya udah bagus; usahain sih ambil cantika nya yang kapal pertama jadi sampai di masohi sekitar jam 1 an;

      Suasana perjalanan setengah perjalanan pedesaan rumah-rumah penduduk; setengah lagi ya pepohonan; hutan; bagus kok pemandangannya dan tidak menyeramkan karena kan masih terang

      So Don’t worry lah orangnya baik2 kok -:) lagipula pihak pak Alvin pastinya sudah komunikasi dengan Contact Person di Ora Beach Resort nya jadi pasti terpantau terus; ( Minta telepon petugas yang di Ora aja sama pak alvin ) waktu saya disana ada 2 cewe dari rombongan kakabantrip ketinggalan pesawat trus nyusul sampai nya malam di Ora; Fine aja kok mereka

      Oh ya usahain pakai telkomsel yaaa biar lancar komunikasi dengan pak alvin or dengan PIC di ORA nya;

      Kalau di ambon waktu itu saya nginepnya di rumah teman, tapi di kota ambon banyak kok penginapan dari bintang 5 sampai guest house, bisa liat di agoda/booking.com; gampang kok pilih yang dekat bandara aja ; FYI Itu sepanjang jalan ke bandara pas lagi sunrise viewnya keren abis loh Mi -:)

      Nah kalau soal makanan di Ora relatif sih standard aja; biasanya karena lapar + banyak kegiatan ya enak aja dimakannya; hidangan mereka ikan-ikanan gitu dipedesin atau ada juga ayam masak kuah/ Sop tapi kalau gak cocok ya paling minta ibunya gorengin nasi or telor gitu ;
      tapi lumayan kok masakan si ibu.

      Di Ora gak ada jualan makanan/warung kalaupun ada terbatas banget; kalo kita hobi nyemil bisa deh bawa bekal dari kota seperti mie instant trus bisa minta tolong masakin ibu tukang masaknya; ibunya ramah tamah kok

      Waktu itu kami juga gak bawa cemilan; sore biasa ada kudapan goreng pisang, singkong enak banget kadang kalau ramai tetamu yang rombongan nya banyak pada gak sadar dan inget tamu yang lain; Trus akhirnya kami minta tolong bung-bung tukang perahu yang parkir di depan Ora: mereka kan kampungnya di seberang tuh di desa Saleman/Masohi 15 menit naik katingking (kapal motor )bisa titip ke mereka beli’in indomie + cemilan gitu kalau pas mau balik ke Ora

      So Don’t Worry berangkat ajaaahhh; nikmati perjalanannya,+ pengalaman suka duka nya dijamin gak bakal bisa dilupain deh -:)

      1. Mimi says:

        Mimi, you are just the best! Lengkap banget info nya. Terimakasih banyak yah!

    2. hahaha baca ini jadi geli, mana ada ke ora macet, yang ada bisa balapan

  18. Mimi says:

    Oh sorry, Mau Tulis “RIANY” malah kecepatan ketiknya jadi tulis Mimi hahahah 🙂

  19. heri widodo says:

    Sya kemarin dari ora juga.ber8 orang…wuih bner awalnya krasa jauh n sempat nyasar. Tapi sy dn tmrn very happy cos dapet smua yg dihrapkan. Cuma bner mesti indent t4 dulu spy lancar.

    1. rianytam says:

      wow sampe juga ke ora? gak nyesel kan -:) iya memang harus booking dulu untuk nginep di Ora apalagi kalau mau dapat kamar di atas lautnya tempatnya terbatas

      1. Jeffry Siagian says:

        mba alamnya keren banget…btw kalo utk couple perkiraan standar biaya dr mulai tiket pesawat jakarta sampai tujuan,speed,hotel dan akomodasi dsb brp ya??

      2. rianytam says:

        hi jef, sekitar 7 jt an deh kalau hari biasa; kalau datang sendirian couple agak susah dapat kamar lautnya tuh jef ; plus sewa kapal agak mahal kalau main ke pulau 7 : kecuali hari biasa bukan weekend; mending ke sananya ikut rombongan trip or buat rombongan sendiri dengan sistem cost sharing lebih murah tapi privasi masih terjaga -:)

      3. Jeffry Siagian says:

        Thx infonya mba…btw ada referensi yg lain lagi mba yg keren2 selain Ora utk couple honeymoon 🙂 yg recomended ??

  20. Novi ms says:

    Keren banget tempatnya… Makasih yah infonya lengkap banget…

    Wah kalo buat pergi tahun 2014
    Bisa request full d kamar air gg yh mbak?

    Perginya kalo ber2 gt perkiraan msti siapin uang brp yah???

    1. rianytam says:

      wah klo nanya kamar sih harus ke pak alvin itu; booking aja jauh2 hari-:) siapin 5-6 jt deh masih aman kyknya buat taon dpn

  21. Edy says:

    Hello, keren bgt tulisannya, sangat detail, sy jd seakan2 yang pergi ke sana…heheheh… Oya mau tanya dong, di kota masohi ada hotel ga yah? Trus yg recomended hotel apa? Thanks….

    1. rianytam says:

      Ada sih di masohi dekat pelabuhan kayak perumahan gitu ; hotel Isabela tapi gak tau isinya gmana;

  22. Ashta Varina says:

    Hi, Riany….cerita perjalanannya menarik sekali….aku mau ke ambon bulan desember sekalian natalan….apakah itu waktu yg cukup bagus utk ke seram juga?

    Jadi kalau dari ambon sebaiknya naik apa ya? supaya menghemat waktu dan tenaga?

    Thanks banget utk infonya ya….

    Ina

    1. rianytam says:

      hi ina; kalo ke ora ya paling cepat naik kapal cantika itu ; dulu desember juga termasuk best time ke sana tapi ya krn kepribadian cuaca di indonesia skrg udah gk jlas -:) yaaa nikmatin aja ; kmrn ada rombongan yg tahun baru an disana cuacanya mendung2 trus ; jgn lupa booking jauh2 hari klo mau nginap di ora resort

  23. Ronald says:

    wah thanks nice info mbak seneng bacanya, lengkap bener

    1. rianytam says:

      thank you yaaa ronald sudah mampir -:)

  24. Felix says:

    what a great trip, mba! nanti kalau mau nyusun itinerary, saya boleh email2 mba Riany yah? 🙂

    1. rianytam says:

      Thanks felix, ak memang paling seneng nyusun itin hahaha: ditunggu email2nya

      1. Felix says:

        mba, mau tanya akomodasi balik dari pulau Ora sampai Masohi masih include dipaket resortnya gk?

        terus tarif dari Masohi ke pelabuhan Tulehu nya sama yah +-250an?

        thanks mba..

  25. rina says:

    Mau tanya donk total biayanya abis brp ya? Soalnya ada planning kesana juga akhir taun ini, makasih..

    1. rianytam says:

      biasanya paket yg dijual ke sana 6-7 jt an lah

  26. Thanks for sharing mba Riany.. lengkap banget jadi berasa disanaaaa..

  27. ika hendarajaya says:

    Thanks infonya, says langsung menelpon pak Alvin Latuconsina…..sangat ramah, tinggal nunggu jadual yang pas!

    1. rianytam says:

      yeyyy! wish you a happy trip yaaa ikaaa

  28. odanx says:

    juara banget infonya mba , 1 juta banding 1 nih orang kek gini . nabung nabung nabuuung xD *thx banget infonya*

    1. odanx says:

      juara banget infonya mba , 1 juta banding 1 nih orang kek gini . nabung nabung nabuuung xD *thx banget infonya*

    2. rianytam says:

      trima kasih smoga kesampaian ya kesana…

  29. infonya keren mbak riany, btw kalo sendirian mahal gak yah ? kalo mau ikut rombongan apa mesti di penginapan/resort pak alvin atau bisa jiga milih yang milik pak ali ? mohon pencerahan.. hehehe

    1. rianytam says:

      bisa kok murah tapi ya fasilitas se adanya di pak ali tlp aja ke pak ali dia pasti mau bantu; yang mahal itu sewa boat nya buat muter2 pulau tapi nanti bisa gabung dgn tamu lain ;

  30. pakode says:

    luar biasa perjalanannnya, kini anda juga bisa sewa kendaraan kami ke tempat wisata (ora beach) dan sekitarnya via layanan http://www.pakodetiket.com

    1. rianytam says:

      oke thanks infonys

  31. shintadewi says:

    ka riany, rencana ini aku k maluku berdua aja 8D7N..trus d ora rencana 5D4N tp dptnya dipenginapan pak ali 3malam yg di alvin cuma dpt 1mlm karna full booked !! 😥
    nah untuk tour nya saya ikut pak ali..tp pas ditanya harga per tour nya berapa ga dijawab jawab, mungkin dia pengen saya ikut rombongan yg lain yg belum jelas juga paket tour yg diambilnya biar share cost..tp saya juga butuh perkiraan biaya selama disana kan ga ada atm..
    anw d sana spot2 nya apa aja ka ?? trus harga per spot nya tau ga brpa kira2 ??

    1. rianytam says:

      hi shinta lama juga di ora nya ya? memang ora resort penuh terus skrg ; pak ali juga oke kok ; biaya muter2 tergantung kalau mau tracking ke manusela ya gak mahal2 amat palingan 100 rb an per orNg tapi klo mau muter2 pulau harus sewa katingting(kapalmotor) harga lumayantergantung tujuan dan harga bbm waktu saya ke pulau 7 kenanya 1,2 jt lumayan jauh dari ora tapi underwaternya keren bgt

  32. Irene panda says:

    keren mba, boleh nanya kan, kl kita mau nginep di Lisar Homestay, apakah mereka juga menyediakan jasa jemput seperti Ora Beach Resort?

    1. rianytam says:

      iya ada; pak ali bisa sediakan penjemputan dari pelabuhan mobil + sambung kapal motor/katingting menuju lisar

  33. terimakasih infonya mba, saya rencana maret ini travelling kesana. kalau solo travelling aman nggak mba.

    1. rianytam says:

      halo emanuel solo travel aman -aman saja, sepanjang sudah koordinasi dengan pihak penginapan; di ora resort ataupun di Lisar karena tempat penginapannya terbatas -:)

  34. febri says:

    halo mba riany, boleh minta alamat emailnya?
    ada beberapa hal yg pengen aku tanyain kalo boleh 🙂
    Salah satunya, rincian biayanya selama disana, hehe

  35. Ita Palgunadi says:

    Aaakkk……… keren bangettt………… suatu hari saya harus kesana

    1. rianytam says:

      udah mulai ramai lokasinya sekarang; bagus bener tapi jangan musim hujan( ombak nya gak nahan

  36. Meng Gading says:

    Bagus bgt ya…klo kesana bulan2 apa ya enaknya biar dapet bgt keindahannya…takutnya klo salah waktunya pantainya misal nya kotor atau ombaknya terlalu gede dll?
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti kartu nama kertas Anda dgn kartu nama online, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

  37. Eddykur says:

    Thank you mba Riany sharingnya. Super helpful and informative… Saya ga kebagian di ora jdnya nginep di lisar. Kalau di lisar bagus utk snorkeling jg ga mba? Trus klo mau ke ora apa bs jalan kaki?

    1. rianytam says:

      Hallo ed; di lisar sekarang juga sudah bagus kok; bisa kok main di ora pak ali ada paket2 nya juga ; ada katingting (kapal motor) yg siap disewa; tinggal pinter2 nego aja; ga usah kuatir- happy trip ya

  38. Owan Mardjun says:

    facebook: owan mardjun
    togean trip

  39. zendy putri says:

    Pulau Seram memiliki tempat wisata yang benar2 indah seperti Ora Beach..saya sdh 3X ke Ora Beach Resort. A nice place to be..love it!

    1. rianytam says:

      Asik ya pulaunya, dan masih banyak lagi pulau di Timur Indonesia yg seindah pulau ora loh -:)

  40. zendy putri says:

    Izin tag n save pict ya mbak,thanks a lot

  41. Hilman says:

    Gak sabar nih mba nunggu Maluku Trip 15-21 Mei….liat foto-foto nya udah ngiler

    1. rianytam says:

      Sodorin ember buat nampung ngecesnya 😁

  42. hereandafter says:

    Kalau mau add peta ora beach di blog nya bisa paste code berikut dibagian gadget nya mba .. ambil code nya di http://www.crozmap.com/HJ

    1. rianytam says:

      Oke thanks info nya

  43. Vernick says:

    Wahhh lengkap mbak info nya hehe
    Kl di kota ambon nya transport nya gmn mbak? Apakah ada angkot gitu? Hehe

    Aku rencn oktober ini mau ksana. Ohya perlu bw autan gt ga mbak?

    TIA

    1. rianytam says:

      Hi vernick,

      Thank you comment nya

      klo mau jalan2 di ambon banyak angkot kok, tapi biasanya kalo nginep di ora dah ada paket dgn jemputan.

      Untuk autan ya klo kamu type yang dicintai nyamuk mending bawa ya…-:)

      Enjoy your trip

  44. Aris says:

    Kalaua ada contact person yg lain boleh minta jg ya mba, makasih lagi

    1. rianytam says:

      hi aris bisa liat info detailnya di http://www.exoticorabeach.com ada paket dan person in charge nya

  45. Nice post kak, jadi berasa ada di Ora Beach juga hihihi….
    oya kak klo mau kesana lagi reservasi kamar lewat aku sekarang juga bisa lhoo… hehehe promosi 😀

    1. rianytam says:

      Thank you info nya

  46. Halo, salam kenal Mbak Riany,

    Bisa minta kontaknya? Aku ada plan ke Maluku Mei ini, penasaran pengen tanya2, hehe

    Regards,
    Laura

    1. rianytam says:

      bisa email ke rianylianatam@yahoo.com semoga bisa membantu

  47. Galuh says:

    wah… terima kasih infonya. ternyata alam indonesia juga nga kalah indah dg negara2 lain. ngapain jauh ke luar negeri di dalam negeri saja secantik itu .

    1. rianytam says:

      Cintailah produk-produk Indonesia hihihi

  48. There’s definately a lot to find out about
    this issue. I really like all the points you made.

  49. Masih banyak petualangan seru di Maluku, cuma sayangnya infrastruktur dan transportasi nya kurang mendukung, Mudah2an pemerintah memperhatikan pembangunan disini dan berharap kedepannya Maluku bisa jadi destinasi wisata favorit. Untuk teman-teman yang mau berkunjung ke Ambon, Maluku bisa kunjungi website kita Informasi Wisata Kota Ambon dan Sewa Mobil di Kota Ambon Pengemudi kami bisa sekalian jadi tour guide loh…..

    1. rianytam says:

      Okeee thankyou kami mau ke ambon lagi bulan mei

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s