Butterfly from Batimurun
Butterfly from Batimurung

Fasilitas kemudahan pemesanan tiket pesawat udara dan program potongan harga yang sering ditawarkan mereka sangat membuat kami menjadi sering mengadakan trip dadakan.

Contohnya ya ke makassar ini, gara-gara penawaran tak terelakan maka dadakan kami putuskan untuk membeli tiket hari rabu untuk berangkat hari jumat malam ke makassar.

Senangnya semua fasilitas mendukung; pemesanan hotel, penjemputan dan penyusunan itinerary sangat cepat dibuat.

Setelah sampai di Makassar jam 1 pagi dini hari kami dijemput oleh mobil dari hotel d’bugis yang posisinya di depan pantai losari. Pagi-pagi kami bangun jam 8 untuk menuju ke pelabuhan  dengan acara hopping island.

Kami menyewa perahu boat dari pelabuhan Soekarno Hatta makassar tawar menawar 3 pulau yang akan kami kunjungi adalah Koding gareng keke, samalona dan kahyangan dipatok harga 75o ribu ; kapal bermuatan 10 orang

Kapal Boat yang bisa disewa di Pelabuhan Soekarno Hatta makassar
Kapal Boat yang bisa disewa di Pelabuhan Soekarno Hatta makassar

PULAU KODING GARENG KEKE

Jarak tempuh ke Koding Gareng 45 menitan dari pelabuhan ; Awalnya cuaca sangat cerah, tiba-tiba langit gelap dan hujan turun saat kami menuju pulau itu.  Untungnya kami membawa drybag sehingga gadget yang kami bawa aman dari cipratan ombak yang membasahi kami disepanjang jalan.

Kami disuruh turun ke laut untuk snorkling oleh pemilik perahu; untuk melihat keadaan biota bawah laut pulau ini; ternyata sangat indah dan beragam ikannya; belum lagi visibility yang cukup jernih sehingga kami puas melakukan pemotretan bawah laut;  Ketika sudah mendekati pantai banyak bulu babi  bertebaran di bawah air yang membuat kami harus hati2 melewatinya.

Dermaga Pulau Koding gareng keke
Dermaga Pulau Koding gareng keke

Pulau ini tidak berpenghuni adanya hanya 3 ekor kucing yang cukup gemuk sepertinya mereka cukup terawat;

2 kucing penghuni koding gareng keke
2 kucing penghuni koding gareng keke

PULAU SAMALONA

Setelah puas berputar pulau dan snorkling kami menuju ke pulau Samalona ; untuk makan siang; pulau ini sangat ramai dihari sabtu; kebetulan ada acara team building dari salah satu provider motor di makasar sehingga suasana kurang nyaman. Disini kami makan dengan menu ikan bakar dan sayur total menghabiskan biaya 75 ribu,

Pemandangan bawah lautnya juga bagus; pantai yang jernih dan ikan-ikan berbagai jenis dengan terumbu karang yang masih hidup dan berwarna warni

Samalona

Sebelum bertransaksi pastikan harga dan apa saja yang di charge di pulau ini ; Supaya tidak terjadi salah paham; Di pulau ini juga banyak tersedia penginapan ber AC dan tidak tinggal pilih.

Tadinya kami rencana ingin ke pulau kahyangan tapi sayang nya pulau ini  under waternya tidak sebagus pulau yang sudah kami kunjungi dan hari sudah cukup sore rencana kami untuk mengejar sunset si Losari harus terwujud sehingga kami putuskan untuk ke darat

PANTAI LOSARI

losari sunset 1-IMG_8774

Malam harinya kami jalan kaki dari hotel d’bugis menuju anjungan Losari dimana ada tulisan LOSARI yang menjadi icon kota ini; tapi sayang nya karena ini malam minggu; tulisan itu penuh sekali dengan lautan manusia.

Tadinya kami sudah mau mengundurkan diri dari area ini; namun setelah mengarahkan pandangan ke matahari terbenam ; langsung kamu menerobos kerumunan menuju tembok2 pembatas yang ada untuk meletakan tripod. Karena sunset di Losari sangat bagus .

Setelah itu kami ke daerah kuliner yang terletak di sepanjang tepi pantai losari ini; mulai dari makan pisang epe, minum Saraba  sejenis minuman rasa jahe  (yang kata ibu-ibu disana bisa mendatangkan jodoh hahaha ) . lalu kami ke jalan nusakambangan untuk menikmati kepiting Surya yang famous itu.

Paginya kami bangun melihat di depan hotel sudah sangat macet dengan lautan manusia; hari minggu adalah car free day di daerah Losari; jadi mobil sewa kami menjemput dari belakang hotel di jalan Somba Opu ;

TAMAN NASIONAL BATIMURUNG BULUSARAUNG

Kami menuju Kabupaten Maros tepatnya menuju Batimurung tempat melihat penangkaran kupu-kupu ; sayangnya ini bulan april; musim kupu-kupu itu adalah bulan mei-Juni   masa peralihan musim panas ke musim hujan

Selain kupu-kupu kita bisa melihat juga air terjun dan lanscape yang Indah di daerah ini

Suasana hutan lindung di Batimurung
Suasana hutan lindung di Batimurung
Air Terjun Batimurung
Air Terjun Batimurung