KOMODO DRAGON
Pulau Komodo yang rencananya hendak dijadikan salah satu 7 wonders of the world ini terletak di Nusa Tenggara tepatnya sebelah timur pulau sumbawa . Ada dua cara untuk ke pulau komodo ; pertama dari Denpasar ke Labuan Bajo dengan naik pesawat lalu menaiki kapal ke pulau komodo  atau dari Lombok menaiki kapal berlayar kurang lebih 3 hari menuju pulau komodo.
Kami memilih naik pesawat merpati M60 ke labuan bajo, kira-kira  1,5 jam sampai di labuan bajo. Kota Labuan Bajo ternyata sudah penuh dengan turis asing; bangga rasanya melihat salah satu dari daerah di Indonesia yang bukan bali : penuh dengan turis-turis asing
Airport Labuan Bajo
2 of 2Day 1 : GUA CERMIN
Gua Cermin
Sampai di labuan bajo kami langsung membooking penginapan dan menuju ke gua cermin salah satu tujuan wisata di labuan bajo. Gua ini konon kabarnya dulunya ada di dasar laut; karena banyak bukti-bukti batu-batuan yang ada di dalam gua ini sama dengan bebatuan yang ada di dalam laut. Disebut Gua Cermin karena pada siang hari sinar matahari yang masuk memantulkan sinarnya seperti cermin ke dalam gua ini. Stalactite yang ada di dalam gua ini berbeda dengan gua lainnya karena ada serpihan-serpihan batu disekitarnya yang berkelip seperti intan sehingga apabila diterangi senter ada cahaya keluar dari bebatuan itu,
SUNSET PANTAI LABUAN BAJO
Setelah menghabiskan waktu di gua; kami ke pantai untuk melihat sunset matahari terbenam
Sunset at labuan bajo

Day 2 : GOING ON BOARD
Breakfast di hotel-hotel labuan bajo sangat unik ; pilihan biasanya  kita ditawarkan teh atau kopi lokal plus pancake dengan pilihan toping pisang atau nanas
selain itu di hotel tempat kami menginap yang terletak di depan dermaga ; pemandangan sangat asri dan dermaga pun sangat tenang banyak sekali obyek yang bisa direkam dalam kamera binatang, tanaman dan lainnya. Setelah sarapan pagi kami berangkat ke dermaga labuan baju menuju ke kapal dimana rencananya kami akan menginap selama 3 hari
Onboard

Tujuan hari pertama Tour menuju  Pulau bidadari snorkeling, Pulau bidadari adalah salah satu dari pulau yang ada di jajaran pulau di sekitar lauan bajo

kamar di kapal

: pasir -pasir yang ada bercampur dengan pecahan karang berwarna merah.. unik terlihat sehingga pantai2 nya putih kemerahan ; Ikan-ikan dan karang di dalam lautan disekitar pulau ini juga beragam dan indah. Sayang sekali rombongan kami tidak dilengkapi dengan underwater kamera.

Pulau Bidadari

makan siang di kapal Tour menuju Pulau kalong Snorkeling/swimming/Div  Stay di pulau kalong, stay on board

Menjelang sore kapal berlayar menuju ke pulau kalong; disini kita bisa melihat ribuan kalong berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya

Pulau Kalong   Berdasarkan informasi di tahun 2013  pemandangan ini sudah jarang terlihat
Pulau Kalong
Berdasarkan informasi di tahun 2013 pemandangan ini sudah jarang terlihat

DAY 3 : Pulau Rinca – WILD KOMODO the Giant Lizard

Akhirnya tiba waktunya bertemu dengan  Mr & Ms komodo di pulau Rinca – setelah bangun pagi di suguhi breakfast pisang goreng enak dan teh panas manis kami siap turun ke daratan dan bertemu dengan komodo-komodo yang konon walaupun size nya agak kecil dibanding dipulau lainnya tapi lebih agresif ; dan agak liar. Pulau Rinca sangat tandus; kita melewati bukit-bukit batu untuk sampai di tempat dimana sang komodo-komodo itu sedang berjemur sinar matahari pagi.

Loh Buaya di pulau Rinca

Setelah berjalan sedikit ditemani satu ranger yang bersenjata tongkat kayu; kami berlima sangat berhati-hati melakukan pemotretan; menurut ranger karena mereka sangat agresif kita dilarang melakukan tindakan-tindakan yang mengejutkan dan heboh.

Mr Komo & Fam

Jam yang tepat ke pulau komodo ini memang adalah pagi hari saat matahari pagi bersinar : karena mereka sepertinya senang berjemur; pemandangan di atas pulau ini juga indah;

Dan penciuman si komo ini tajam sekali ; dari rombongan yang datang ada satu yang terjatuh di puncak bukit dan terkena karang kakinya ; nah si komo-komo yang lagi berjemur itu tiba-tiba berputar posisi ke arah yang sama. Untungnya para ranger siap menghalau mereka memakai tongkatnya dan mereka kembali asik berjemur.

setelah puas di pulau rinca kami kembali ke kapal dan pemilik kapal siap menjamu dengan masakan nya yang benar-benar lezat dan yummy

terutama aneka sambal yang diracik dengan bumbu khas setempat.

Makan1

siangnya kami masih berenti lagi di pulau pink beach untuk berenang-renang ketemu dengan keluarga jepang ; seorang pemilik tour berbangsa rusia dan kapal-kapal yang penuh orang asing kebanyakan belanda, rusia amerika ; bahkan para instruktur diving kebanyakan orang asing walaupun kepandaian mereka masih setengah setengah (kata orang lokal )

Menjelang malam kapal kami kembali ke posisi tadi malam di pulau kalong; yang kami kerjakan malam itu apa lagi kalau tidak makan; ngobrol ; mancing dan belanja ..iya dispanjang jalan ada kapal-kapal kecil mendekati kapal besar membawa souvenir seperti kalung2 dari mutiara ; cantik dan murah-murah

DAY 4 ; PULAU KOMODO – THE WORLD HERITAGE – MANTA POINT – LABUAN BAJO

Pagi-pagi jam 9 an kami sudah sampai di pulau komodo ; di sini boleh pilih mau jalan  yang short; medium atau long track ; akhirnya kami pilih medium ; sepanjang jalan gak ada komodonya ; untung kemarin sudah lihat banyak di rinca ; tapi pemandangan tak kalah bagusnya dengan rinca; benar benar beauty of nature ; ada pohon-pohon besar lalu ada merpati besar tapi komodo belum ketemu ; akhirnya kami lihat juga setelah kami sudah mau sampai kembali ke track awal

lagi berjemur satu ; besarrr sekali ; deg degan mau poto juga ; lirikannya maut dia berjemur disisi jembatan dermaga menuju ke kapal ; ya sudah akhirnya kami duduk-duduk di coffe shop eh nongol lagi temen nya gede banget juga

pulangnya dari pulau komodo kami ke manta point ; yaitu tempat dimana ikan manta (pari besar) bisa ditemukan konon katanya tidak semua orang bisa lihat karena jarang muncul ; tapi begitu perahu kami mendarat (memang perahu pak husin penuh keberuntungan) ada sepasang manta menghampiri dan kami langsung nyemplung renang bareng mereka; wah sayang sekali ya teman seperjalan tidak membawa kamera underwater l itu ikan tidak berbahaya ; besarnya segede korden rumah melambai-lambai gitu dibawah kita ;

setelah itu ada bule-bule juga turun dan si ikan langsung kabur; mereka cuman lihat udang dan ikan rainbow

pada saat kami masih di dek kapal pun si manta masih dadah dadah dari bawah hehehe thank you ya manta Cakep banget sayang gak bisa dipoto

Setelah itu kami pulang dan menginap semalam lagi di labuan baju sebelum besok paginya pulang ke jakarta melalui denpasar

my best trip so far even compare to europe trip – kalau habis dari sini liat pantai yang lain kayaknya gak ada yang lebih bagus deh ; sayang infrastruktur nya kurang