Gambir_e

Menghabiskan jatah cuti akhir tahun kami bertiga (saya, Tia, Indra) mencari liburan yang agak ekstrim ; akhirnya kami sepakat untuk  ke kota Yogyakarta dan biar agak ekstrim kita bawa sepeda. Kebetulan Indra selain tergila-gila dengan Tia, dia juga sedang tergila-gila dengan olahraga mountain bike.

Mengunjungi Yogyakarta memang tidak akan pernah membosankan karena selalu ada yang baru dan seru untuk dialami disana. Tapi naik sepedaaa hmmm.. alhasil setelah beberapa kali mau batal ikut akhirnya saya berangkat juga.

Berangkat tanggal 25 Desember malam pulang 30 Malam dengan kereta malam .

Tanggal 25 Desember setelah saya menunaikan ibadah kami berangkat dengan Argo Lawu ; dengan agak repot masalah bagasi untuk sepeda akhirnya kami berangkat jam 8 malam sampai di Stasion Tugu jam 4 pagi; dan kami leyeh2 di peron statiun tugu sambil menunggu Jemputan dari sang kakang prabu dari yogya yang baik hati  dengan mobilnya untuk membawa backpack kami yang gak mungkin dipanggul naik sepeda.

Tiba_jogja
Xtation

Day #1  CITY TOUR  BY BIKE

Menginap di Sagan Huis ; kami langsung berangkat menyusuri kota jogja naik sepeda dengan tujuan sarapan pagi di Gudeg Yu Djum  ; setelah itu dilanjutkan

Bersepeda ke malioboro.

Parkir_speda
Malioy
See the full gallery on Posterous

Awalnya agak ngeri juga naik sepeda di jalanan kota jogja, mobil lumayan padat dan kami bertiga tidak ada yang paham jalan kota jogja; Berbekal google map di iphone dan tekat berpetualang akhirnya kami bisa juga menyusuri mainstreet kota jogja; dari sagan berputar-putar ke a rah jalan kaliurang ; lalu menuju malioboro yang super padat diteruskan ke daerah turis dekat malioboro  pringgokusumaan lalu pulang  untuk mandi karena badan sudah bau keringat

Malamnya kami makan di rumah makan milik mas Butet Kartaradjasa

Bu Ageng  di daerah Tirtodipuran ;  Indra bertekat naik sepeda ; saya dan Tia naik taxi ; dan pulangnya saya dan tia agak beruntung diantar pulang naik mobil oleh seorang teman yang baru tinggal di kota jogja; alhasil kami putar-putar kota sebelum ketemu posisi hotel Sagan Huis.

Ayempenggeng

Day # 2   UNFORGETABLE MERAPI BIKE  & JEEP ADVENTURE

Normal.dotm 0 0 1 64 366 3 1 449 12.0 0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Kami sudah di jemput pagi-pagi oleh mas bayu ; dari tourjogja.travel  jam 6 pagi di jemput di hotel ;  kami ambil  Family Package (min. 3 pax)

IDR. 350.000 / person   (Including Transport Pick Up & Return service)

Starting Point dari desa Kinarejo ; mountain bike sudah disiapkan oleh penyelenggara;  bagi yang  tubuh nya agak- agak mungil mohon diperhatikan mereka tidak menyediakan MTB dengan ukuran S ; jadi siap-siap untuk ngesot miring waktu turun.

Mulai_yog

0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Berangkatlah kami menyusuri track yang konon sampai 20 km dipantu oleh mas bayu  yang unyu.Melewati sisa-sisa letusan merapi, melintasi pematang sawah, jalan setapak, jalan beraspal, jalan berbatu, jalan menanjak dan jalan menurun, serta jalan campuran yaitu jalan yang terdiri dari pasir, lumpur dan rumput.

Bike_the_way3

Normal.dotm 0 0 1 52 297 2 1 364 12.0 0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Setelah puluhan tahun tidak naik sepeda ; saya agak gamang naik sepeda mungkin mengikuti sifat saya yang agak labil : melewati batu-batuan cukup terjal ; dan sangat tidak nyaman kalau downhill (loh ) iyaaa saya lebih merasa aman genjot nanjak karena paling tidak stang sepeda dan sepedanya lebih mudah dikendalikan;  Downhill di track ini lumayan curam-curam

Bike_the_way1

0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Nah kalau downhill itu bahaya sekali ; sepeda bisa tidak terkendali; terlebih downhill di area banyak rumputnya ; bisa tiba-tiba muncul batu sebesar kepala kerbau dibalik rumput-rumput hijau itu  dan itu akan membuat sepeda saya yang terkendali dengan labil bisa melompat lompat tanpa arah seperti kuda liar.

Alhasil dalam perjalanan cukup mendebarkan dada bagi saya ; saya terjatuh berkali-kali di lumpur  juga nyaris masuk  mulai dari got, kali, sungai, sawah dan tidak lupa menabrak pick up yang sedang parkir dengan aman dipinggir jalan .

Bike_the_way4
Bike_the_3_of_us

0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Sebagai informasi tambahan saya di  Merapi Biking Trip ini akhirnya memakai sepeda milik pribadi mas bayu uhuk .. karena lebih ringan dan tentunya lebih mahal; hal ini membuat saya agak nyaman karena mas bayu nya jadi sangat perhatian dan dengan sabar menunggu saya eh sepedanyahhh..

Bike_the_way2
Merapi_speda_jatuh1

Di sepanjang perjalanan banyak sekali pemandangan indah ; walau capek banget karena  sport mulai dari tangan kaki otak sampai jantung namun setelah selesai rasanya bangga terharu dan bersyukur dengan tanah jawa yang indah walaupun pernah menyimpan duka

Speda_be3

0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Setengah penasaran akhirnya kami juga mengambil paket tour dengan Jeep

Family Package (min. 3 pax) IDR. 250.000 / person   untuk short trip 1.5 jam ; karena sudah di daerah Merapi nya.

Jeep

Trip ini lain lagi serunya ; kita dibawa naik jeep keliling daerah-daerah yang terkena lahar dari puncak merapi, jalan nya cukup ekstrim; kalau beruntung kita bisa juga berkesempatan menyetir sendiri  jeep wilis antik itu

0 false 18 pt 18 pt 0 0 false false false

Malam nya kami makan di d’sawah  di daerah Bantul – Kasongan hasil rekomendasi dari perkumpulan Underground Secret Dining : Chef nya Pak Philip  dengan menu masakan super istimewa dan tak terlupakan . Masakan  yang super Pas dalam campuran nya dan tentunya rasanya jadi enak sekali dan original.

Dsawah_resto

Dimulai dari minuman pembuka Wedang Uwuh yang sangat pas “uwuh” nya tidak ada rasa yang menonjol dari campuran rempah-rempah itu semuanya tercampur dan tersaji dengan pas ; Setelah itu keluar makanan pembuka  Soto Daging  yummy ; lalu dillanjutkan dengan Mangut ikan dori, diakhiri dengan makanan penutup nya  Puding Roti dengan Pisang . Pokoknya Pas Enaknya dan Pas Porsinya ;

Dsawah_resto2

Untuk makan di Dsawah ini kita harus reservasi dahulu dengan menelepon pak Philips  0274 – 7475794 atau 0817464 833
18 JAN2013

YOGYAKARTA BIKE TRIP

Menghabiskan jatah cuti akhir tahun kami bertiga (saya, Tia, Indra) mencari liburan yang agak ekstrim ; akhirnya kami sepakat untuk  ke kota Yogyakarta dan biar agak ekstrim  bawa sepeda. Kebetulan Indra selain tergila-gila dengan Tia, dia juga sedang tergila-gila dengan olahraga mountain bike.

Mengunjungi Yogyakarta memang tidak akan pernah membosankan karena selalu ada yang baru dan seru untuk dialami disana. Tapi naik sepedaaa hmmm.. setelah beberapa kali mau batal ikut akhirnya saya berangkat juga.

Berangkat tanggal 25 Desember malam pulang 30 Malam dengan kereta malam .

Tanggal 25 Desember setelah saya menunaikan ibadah, kami berangkat naik  Argo Lawu ; dengan agak repot masalah bagasi untuk sepeda, kami berangkat jam 8 malam ; sampai di Stasion Tugu jam 4 pagi; lalu kami leyeh2 di peron statiun tugu sambil menunggu jemputan sang kakang prabu agung dari yogya  yang baik hati  dengan mobilnya untuk membawa backpack kami yang gak mungkin dipanggul naik sepeda.

Tiba_jogja
Xtation

Day #1  CITY TOUR  BY BIKE

Menginap di Sagan Huis ; kami langsung berangkat menyusuri kota jogja naik sepeda dengan tujuan sarapan pagi di Gudeg Yu Djum minum susu di Kalimilk  ; setelah itu dilanjutkan bersepeda ke arah malioboro dan sekitarnya

1 of 2

Awalnya agak ngeri juga naik sepeda di jalanan kota jogja, mobil lumayan padat dan kami bertiga tidak ada yang paham jalan kota jogja; Berbekal google map di iphone dan tekat berpetualang akhirnya kami bisa juga menyusuri mainstreet kota jogja; dari sagan berputar-putar ke arah jalan kaliurang ; lalu menuju malioboro  yang super padat diteruskan ke daerah turis dekat malioboro  pringgokusumaan lalu pulang  untuk mandi karena badan sudah bau eh wangi keringat.

Malamnya kami makan di rumah makan milik mas Butet Kartaradjasa namanya RM Bu Ageng  di daerah Tirtodipuran ;  Indra bertekat naik sepeda ; saya dan Tia naik taxi ; Beruntung Pulangnya saya dan tia diantar  naik mobil oleh seorang teman yang baru tinggal di kota jogja; alhasil kami putar-putar kota sebelum ketemu posisi hotel Sagan Huis.

Ayempenggeng

Day # 2   UNFORGETABLE MERAPI BIKE  & JEEP ADVENTURE

Kami sudah dijemput pagi-pagi oleh mas bayu; dari TourJogja.com  dari hotel pukul 6 pagi jadi bangun pukul 4 ya ; Trip yang kami pilih paket  family (minimum 3 orang) harganya IDR 350.000 / orang termasuk biaya service antar jemput dan penyewaan mountain bike nya.

Starting pointnya dari desa Kinarejo, tiba disana sayangnya sepeda gunung yang disiapkan ukurannya adalah M dan L : Jadi bagi peserta yang memiliki tubuh mungil  atau yang dengan kepandaian bersepeda level W ( worst ) ‘ yaa… harus terima resiko apa adanya. Siap -siap bergaya “ngesot miring” setiap turun dari sepeda.

Berangkatlah kami menyusuri track yang konon sampai 20 km ; dipandu oleh mas Bayu yang unyu dari team tourjogja. Track pertama adalah jalan beraspal yang agak landai…lalu berbelok langsung masuk ke jalan tanah campur pasir; Lengkapnya kita akan dibawa melewati daerah yang terkena dampak letusan gunung merapi berupa pematang sawah, rumah penduduk, hutan, ladang dan berbagai type jalan , mulai aspal, berpasir, ber-semen, berbatu, berumput, berlumpur dengan model uphill dan downhill.

Setelah bertahun-tahun tidak naik sepeda, saya agak gamang untuk menyesuaikan diri mengikuti 3 teman yang lain;  gowesan saya amatlah labil mengikuti sifat saya; apalagi kalau melewati jalan turunan (downhill) yang curam, kadang  sangking panik saya lupa menekan rem sehingga sering menabrak apa saja yang didepan saya. Tia yang  seringnya berada di depan saya takut tertabrak mengingatkan untuk Squezzzeeee the brakeeee !!!! Gubrakkkk !!! (yah telattt). Biasanya menghadapi situasi seperti itu saya langsung membuang badan saya ke samping kanan agar jatuh nya tidak ke depan dan fatal jatuh ke samping dengan mendahulukan agar sepeda nya yang terbanting dulu. (maap ya mas bayu keselamatan peserta yang utama )

Downhill di area yang berumput adalah hal yang sangat mengkhawatirkan, kenapa ? karenaa kadang rumput-rumputnya cukup lebat, dan secara tiba-tiba bisa muncul batu sebesar kepala anak kerbau dibalik rumput-rumput hijau itu , tentu saja dengan kepiawaian bersepeda level worst amat sulit menghindari situasinya jika sudah tinggal 30 cm ; alhasil berkali-kali sepeda saya bisa dengan ajaib melompat-lompat serasa naik kuda liar.

Kalau dicatat mungkin range nya antara 10-15 kali saya terjatuh  dilumpur, nyaris masuk mulai dari Got, kali, sungai, sawah dan tak lupa dengan sukses menabrak  pick up yang sedang parkir di sisi pematang sawah. Indra yang sudah jauh di depan berkali-kali memoto saya yang sedang terjatuh.

Sebagai info tambahan di paket Merapi Biking Trip ini akhirnya saya memakai sepeda milik pribadi mas Bayu “yang uhuk”. Dengan alasan sepeda yang standard peserta ketinggian buat saya;  Selain lebih ringan dan pastinya mahal; saya juga agak nyaman karena mas bayu nya jadi sangat perhatian dan dengan sangat sabar menunggu saya ehh sepeda nya yang dipakai saya. Coba cermati photo di bawah sebagai buktinya ketika saya jatuh; mas bayu uhuk ada disamping saya (melotot )

Bike_the_way2
Merapi_speda_jatuh1

Sepanjang perjalanan banyak pemandangan indah, sayang saya tidak membawa kamera karena takut hancur, walaupun capek kaki dengkul kebawah penuh bercak ungu biru dan sport mulai dari tangan, kaki otak sampai jantung namun setelah sampai di titik finish rasanya bangga dan terharu; ternyata kuat juga ya sepedaan sejauh itu dan pengalaman nya seru banget; pasti jarang lah yang mengalami nya (walaupun menurut mas bayu dia skip tempat yang sangat ekstrim sepanjang 2 km ; saya menduga itu pasti modus untuk menyelamatkan sepedanya menuju kehancuran).

Pulang dari situ kami langsung di antar mas bayu untuk ambil paket Tour Merapi dengan Jeep

Kami ambil paket yang short trip dengan durasi 1,5 jam harganya 250 ribu per orang.  Trip ini sangat berbeda view nya dengan trip by bike tadi. Dengan Jeep yang unik keluaran eropa dan amrik jaman perang dulu seperti willis dll kita dibawa mengitari bebatuan yang dibawa oleh letusan gunung merapi. Dan yang lebih beruntung lagi driver kami mas wawan sedang terobsesi jadi photographer dan pengarah gaya ; dengan senang hati dia memotret kami kiri kanan dan bahkan diperbolehkan mengendarai sendiri jeep nya

Malam nya kami makan di d’sawah  di daerah Bantul – Kasongan hasil rekomendasi perkumpulan  Underground Secret Dining : Chef nya Pak Philip  dengan menu masakan super istimewa dan tak terlupakan . Masakan  yang super Pas dalam pencampuran bumbu nya  tentu rasanya jadi enak sekali dan original.

Dsawah_resto2

Untuk makan di Dsawah ini kita harus reservasi dahulu dengan menelepon pak Philips 0274 – 7475794 atau 0817464 833

Day # 3  CAVE to Cave Trip Jomblang Pindul

Kota Yogyakarta saat akhir tahun 2002 ini sangat padat, untuk mencari sewa mobil saja sulitnya minta ampun; untungnya kami sudah dari jauh-jauh hari membooking paket  caving ke gua Jomblang yang disertai dengan penjemputan. Rencananya kami ingin tubing di Kali Suci yang searah dengan gua Jomblang , karena hujan turun terus maka wisata cave tubing di Kali Suci di tutup air aliran terlalu deras dan hampir menutupi gua;  bahaya. Sehingga diputuskan daripada tidak mencoba tubing sama sekali kami pindah ke Gua Pindul ; Menurut cerita teman Tubing di kali suci lebih ekstrim dan di gua Pindul relatif lebih aman.

Rombongan bertambah dengan Natalie dan Andrew dari Rusia;  mereka mengikuti mobil kami dengan skooter automatic.

Jomblang2

Sampai di basecamp Gua Jomblang kita pasti terpesona dengan besarnya  lubang Gua Jomblang dari atas ; dan dalam tentunya, agak degdegan juga mau turun ke bawah; teman kami dari Rusia pun mengatakan ini pengalaman mereka yang pertama dan agak khawatir juga.

Jomblang_turun2

Setelah mendapatkan instruksi mengenai cara turun dengan  SRT ( Single Rope Technique ) kami siap-siap kira-kira 80 Meter ke bawah memasuki gua vertical .

Jomblang1

Turun ke bawah dengan tali lumayan berkurang takut kami karena kami turun berdua-berdua ;  Indra dan Instruktur diturunkan dulu lalu saya dan Tia disusul oleh Andrew dan Nat ; Sampai di dasar gua jomblang area itu disebut hutan purba; benar-benar hutan dengan pohon-pohon besar dikelilingi oleh dinding-dinding batu karts

Peralatan_jomblang
Turun_jomblang

Kami menyusuri hutan purba ini; sampai ke mulut gua besar; ,lalu kami harus menyusuri jalan curam dan licin ; tapi aman dengan booth kelicinan tanah  liat yang basah agak berkurang terasa. Namun tetap saja saya mencari posisi aman untuk turun dengan “gaya cicak ngesot” gayanya melendot  dengan memegangi batu-batu yang menonjol di kiri kanan: setelah yakin pegangan mantap;  baru melangkahkan kaki maju ke depan.

Cicak_ngesot_jomblang

Setelah berjalanan merayap turun  kira-kira setengah jam sampailah kami di bibir gua ;

Bibir_jomblang

Gua ini masih alami dan terjaga dengan baik; disisi kanan kirinya untuk mempermudah pengunjung menyusuri gua dibuatlah lampu-lampu halogen di kanan kiri gua.Memasuki kawasan gelap  gua horizontal ya mestinya namanya .  Menuju kearah Gua Gerubuk yang terkenal dengan Ray of Light nya.

Ray_of_light_jomblang

Sampailah kami di Gua Gerubuk ; Wohooo .. Stunning !!  air dari atas gua menetes dan membuat suasana sejuk sekali ;bunyi deru sungai yang sedang pasang dibawah batu batu stalagmit yang ada disitu membuat kita seperti berada di dunia langit ( kalau bilang dunia lain nanti dibayangkan yang spooky bukan indah ) Air menetes terus dari atas gua bunyi tetesan air juga seperti musik mengiringi langkah kami; kadang air itu jatuh di pipi dan tangan kami rasanya dingin dan segar.

Jomcouple

Dari awa turun gua cuaca agak mendung, kami sudah kawatir tidak mendapatkan moment ray of light yang diributkan orang-orang yang sudah pernah kesini ituTapi beruntunglah kami ; sinar itu datang juga sekitar jam 11 an  ; langsung kami jeprat jepret secepatnya sebelum sinar hilang; dengan menaiki batu stalagmit yang ada disitu.

Jomb5
Jomblang_gua_gowong
Jomblang_stalag

Jam 1 siang kami beristirahat dan maksi di dalam gua.  Wah sensasional juga karena kedinginan perut jadi lapar dan Kami makan dalam gelap ; satu paha ayam goreng ; sayur lodeh; tahu dan kerupuk serta sambal yang tidak terlalu pedas membuat nasi seukuran mangkok jumbo habis tandas tanpa sengaja.

Makan_jomblang

Gua Pindul; cukup dekat  dari area Gua Jomblang; di jalan menuju kesana kami membeli pangan ekstrim yaitu belalang goreng.

Pindul_jangkrik

Sampai di Pindul wahhh ramai sekali orang yang datang ; wisatawan lokal semua jadi yang terlihat beda hanya rombongan kami karena ada wisata asing Nat dan And ; karena membawa mereka sepertinya proses urutan giliran  kami jadi dipercepat hahaha

Sayangnya karena hujan semalaman menyebabkan sungai yang masuk alirannya di gua yang panjangnya 350 meter ini menjadi kecoklatan biasanya bening;  Dengan saling memegang ban disebelah kiri dan kanan kami berjejer memasuki gua secara berkelompok ; di tarik oleh masing-masing pemandu per rombongan.

Dalam gua ada 3 zona; remang-remang, gelap dan terang; harusnya di zona terang kita bisa berenang-renang karena ada terbentuk kolam besar yang jernih dan view nya indah;

Tapi karena waktunya yang kurang tepat saat kami datang yaitu sore hari yang mendung (best time to visitnya jam 10 -12 ) cahaya  matahari yang masuk ke dari celah atas gua pindul ini sudah tidak maksimal. dan airpun kotor berlumpur karena efek hujan.

Setelah sampai kami langsung dibawa naik dan karena kurang seru dan ekstrim akhirnya kami ikut lagi river tubing : karena air cukup deras maka kamera tidak dibawa sama sekali ; off the record; intinya lumayan lah arus nya cukup deras tapi ya itu sayangnya sungai coklat.

Day # 4  Shore to Shore

Hari ke empat kami juga bangun pagi jam 4 karena jam 5 sudah dijemput sama bapak yang mengantar kami ke gua pindul kemarin wisata pantai di Gunung Kidul ; dimulai dari paling ujung Pantai Siung, Pantai Jogan yang ada air terjun nya; pandai Indrayana yang super ramai, Pantai Sundak, Krakal dan Baron