Trip To Pulau Biawak Indramayu

108_072

Nama sebenarnya pulau ini menurut pak manto bernama pulau rakit ; Jarak nya 40 kilometer dari kota Indramayu; setelah itu menyebrang selama 5 jam dengan menggunakan kapal nelayan.

Ide ke pulau ini datang kepada kami saat sepulang nonton pertunjukan teater di TIM, kemana tujuan terdekat di pulau jawa barat yang unik dan masih jarang dikunjungi orang. Akhirnya kami sepakat ke sana ; dengan info 0 tentang pulau ini.

Setelah browsing sana sini ; ternyata banyak juga informasi mengenai pulau ini; Akhirnya kami dipandu oleh teman-teman dari Asosiasi Foto Indramayu; yang sangat concern dengan wisata di Indramayu.

Akhirnya kami ber 6  : saya, yani, jw rose, sisca, askum dan bany berangkat ; seharusnya ada 3 lagi nana, yuni dan iswan yang sudah konfirm tidak bisa berangkat ; tapi tetap dapat tshirt nya  loh

Kami berangkat menyewa mobil travel dari jakarta karena ber 6 maka mobil yang kami dapat adalah mobil APV ; jam 9 malam dari jakarta tiba di Indramayu jam 4 pagi; sudah di tunggu oleh Mas Tony untuk berangkat langsung ke pulau biawak memakan waktu 4 jam dengan menggunakan perahu nelayan; Kami ditemani oleh Mas Akil yang memandu kami ke tujuan.

Tujuan pertama adalah pulau gosong ; tiba jam 9 pagi kami langsung pasang peralatan snorkling masing-masing, pulau tak berpenghuni dengan pemandangan bawah laut yang lumayan clear; ikan-ikan kecil cukup banyak; langit biru dan cerah; ngobrol gila-gilaan.

Sekitar jam 12 siang; para kru kapal dan mas akil telah menyiapkan makanan super lezat (karena lapar) berupa ikan bakar segar plus sayur asam dan lalap beserta petai dan sambal nya; kami makan dengan lahap dan kapal langsung berangkat ke tujuan utama ; Pulau biawakSampai di pulau kami diha

dapkan oleh view khas pantai yang unik; dengan menara mercusuar yang putih tinggi dan hutan mangroef. Karena air masih belum pasang maka kami harus turun kapal di tengah air; dan memanjat jembatan dermaga. langsung menuju ke homestay, yang kebetulan sedang di renovasi.Kami diperkenalkan kepada pak Manto dan ibunya sebagai penjaga pulau. Sore itu kami langsung bermain-main di pantai mumpung air belum surut. dan berjalan krliling pulau

setelah keliling pulau melewati jalan setapak yang kiri kanannya hutan  diantaranya kami melihat sumur keramat yang airnya berwarna merah susu ; lalu makam keramat syech tempat orang bertapa; kami kembali ke daerah pantai; sepanjang perjalanan kami ini kami sudah bertemu dengan beberapa biawak; yang bebas berkeliaran. Setiap kami mendekat biawak.biawak itu lari menjauh.

Biawak

Di area istirahat dekat pantai tepatnya disamping menara mercusuar, kami bertemu dengan pak manto yang membawa ikan-ikan segar untuk diberikan pada para biawak. Setelah ikan di tebarkan dengan penciumannya yang konon sangat tajam; biawak-biawak itu langsung datang mendekati.

Kami puas memotret mereka ; dihitung-hitung yang datang hampir 10 an biawak dengan ukuran beraneka ; Secra kebetulan salah satu biawak yang jinak mendekat ke rombongan kami; dan dibantu oleh pak manto kami bisa poto2 menggendong si biawak ini;  tapi jangan sekali-kali mencoba tanpa ada bantuan dari pak manto dan istri nya karena biawak disini liar semua; ekornya bisa menyabet dengan tiba-tiba sebagai alat perlindungan mereka kalau terancam.

Mebi2
Mebi

Ketika hari menjelang matahari terbenam kami berkumpul di pantai untuk memotret sunset, setelah itu dilanjutkan mandi di sumur dan makan bersama.

Sunset_bi

Enaknya makan bersama kami lakukan di jembatan tepi pantai yang panjang itu ; dengan angin sepoi-sepoi diterangi hanya penerangan dari kapal nelayan ; kami melahap ikan bakar plus sambal super lezat.

Ternyata karena genset saat itu beberapa yang dimiliki pak manto rusak; maka penghematan energi dijalankan; pukul 8 malam lampu seantero pulau mati. dan kami langsung bergegas kembali ke rumah homestay untuk siap-siap istirahat. rencana mengejar sunrise dinihari

Group4

Karena ini pulau tak berpenghuni ; maka ada baiknya siap-siap mental untuk mendengar bunyi-bunyian suara binatang seperti kelelawar atau binatang menggaruk-garuk kayu di tengah malam.

Ternyata kami nyenyak sekali tidur ; lewatlah sudah sesi photo sunrise akhirnya kami beres-beres mandi pagi di sumur dan sarapan seadanya langsung naik ke menara yang sudah berusia 140 tahun peninggalan belanda ; Mercusuar ini dalam nya lumayan sudah keropos; Sekali lagi nyali di uji juga test fisik mendaki 240 tingkat tangga untuk sampai di atas

Mercu

Menara Peninggalan Belanda

Bi_menara

Di dalam menara

Rumah_atas

Fasilitas penginapan dari atas menara

Bibi_jernih

Dermaga nya bagus ; airnya jernih

Diatas sambil gemetar karena takut ketinggian kami keluar mercusuar sambil berphoto-photo ; wah sungguh pengalaman yang mendebarkan tapi memang indah sekali melihat pulau biawak dari atas; jadi kalau sudah sampai sini ; usahakanlah kumpulkanlah keberanian sebanyak mungkin untuk naik ke mercusuar kalau tidak rugi rasanya.

Turun ke bawah sudah pukul 10 pagi kami menuju dermaga untuk snorkling di sekitar pulau; jangan lupa bawa roti kering untuk makanan ikan dibawah laut ; sayangnya ombak di ujung dermaga sangat keras jadi kami hanya berenang di pinggir2 dermaga karena takut kecapaian belum makan.

Siangnya air cukup cepat pasang jam 12 kami sudah bisa meninggalkan pulau; pamitan dengan pak manto dan istri serta peliharaan nya si pleki ;

Bibi_the_enf

akhirnya kami naik kapal lagi untuk menuju ke daratan indramayu ; selama 4 jam glek-glek kami langsung minum antimo dan tidur pulas dengan posisi tersusun rapi di kapal.

Kapal_bibi

Sampai di Indramayu baru pukul 5 sore kami dibawa oleh teman-teman dari AFI ( asosiasi fotography Indramayu ) ke markas mereka melihat hasil pemotretan mereka yang bagus-bagus dan di undang untuk datang ke festival di bulan desember ada acara adat Indramayu.

Afi_bibi

pulangnya kami diantar ke tempat pembelian mangga indramayu yang murah dan manis ;