Nah perjalanan di mulai;
jumat tgl 5 juni 2009 Jam 10 malam kita semua diminta kumpul di depan meeting poin parkir timur senayan di belakang Ahyat seafood resto
dari sana rombongan yang di bagi menjadi 2 group bis (25) dan elf (14) menuju ke pelabuhan merak

Group pertama terdiri dari group yang menamakan dirinya Genkgong yang sudah saling kenal dan hobinya sama berphoto dan di photo Group ke 2 yang agak senior terdiri dari ( Tata, Dian, wahyu anak jawa yang terdampar dijakarta lalu ada melanie dan Rudi; Tante Ross, Yuni, Zia dan Riany ada lagi Dewi dan Chitra serta Hendra ditambah Yorah anak belanda pacarnya vicky yang jadi ketua group kami….

Setelah berkenalan kami berangkat menuju merak naik ferry ke pelabuhan bakahueni sepanjang jalan di isi dengan kegiatan rutin…tidurrrr…..setelah naik mobil 7 jam sampailah jam 4 pagi di pelabuhan canti.

25476850-kapalanya 25476832-bobo6

Lalu dengan formasi awal kami berangkat naik 2 kapal tradisional; maksudnya kapal kayu dengan kekuatan motor  menuju pulau sabesi. Perjalanan ke Pulau sabesi penuh dengan pemandangan yang indah selain laut lepas kita juga akan melewati pulau-pulau kecil yang dihiasi bukit2 indah.

25476826-bobo 25476498-laut4 25476497-laut2

Berfoto, ngobrol dengan sesama teman perjalanan, melamun sambil melihat pemandangan, adalah cara-cara paling asyik  menikmati perjalanan yang cukup lama menuju pulau sabesi ; tempat kami menginap kira-kira 3-4 jam.

Kamar

Sesampai di pantai pulau sabesi kami makan sebentar, mandi dan berphoto serta berbagi kamar; penginapan sangat sederhana tapi langsung menghadap laut ;

Jam 10 an berangkat ke karakatau dengan kapal yang sama menuju kepulauan krakatau.

25476845-kapal_rings

Perjalanan cukup memakan waktu  kami snorkling dulu di lagon cabe dekat pulau rakata, tempat snorkling agak menjorok ke pantai sehingga kami harus berenang cukup jauh ke lokasi snorkling. Tapi  disinilah enaknya punya tour guide  yang  kita kenal apalagi penyelam dan anak laut,  jadi ada jasa ngojek ngojay .. tinggal pakai life jacket lalu diseret ke spot tanpa harus renang . Sayangnya karena peserta terlalu banyak, ikan-ikan di sekitar nya tiba-tiba menghilang.

25536041-ngojay4

Setelah itu makan siang sebentar di kapal kami tiba di pulau krakatau menuju ke arah gunung krakatau kami trecking ke dalam; karena kebetulan saat itu gunung sedang siaga 1 sehingga kita bisa mendengarkan dentuman nya berkali-kali dan asap yang keluar dr puncak gunung; sehingga sangat mencekam sekali suasananya
25538923-gunungkr 25538921-gunung6 25538916-gunung_1

Kami semua berhenti di batas jarak pandang yang diperbolehkan sambil melihat asap mengepul kemerahan di balik bukit,  jarak saat itu cukup jauh dari gunung karena berdasarkan informasi guide lokal, adakalanya batu-batuan bisa keluar dari mulut gunung tersebut

Kami tracking sampai sore dan meninggalkan pulau krakatau dengan cuaca yang cukup cerah, dan bersunset ria di atas kapal.

25539041-meleduk

Pada saat hari sudah gelap posisi kapal kami masih mengelilingi pulau karakatau. Disinilah indahnya yang tidak dapat digambarkan, karena hari sudah gelap maka

25539364-sunset2 25539374-sunset5 25539360-sunset

Ketika gunung mengeluarkan asapnya kita bisa melihat letupan-letupan keluar berupa api seperti kembang api, dan lahar yang keluar dari bibir gunung meleleh ke bawah seperti bara yang menyala. Dan dari kejauhan terdengar suara-suara berderak  seperti kayu-kayu terbakar

Kami sampai di sabesi sudah cukup malam dan kemudian langsung tidur karena kecapaian

Esok paginya hari minggu pagi seharunya  jam 06:00 wib bangun pagi hunting sunrise disabesi  lalu Break fast.

Namun karena kecapaian kami bangun agak siang dan langsung berangkat ke kumang-kumang yaitu pulau yang bersebelahan dengan sabesi namun sangat terpencil tempatnya dan memiliki pantai yang sangat putih dan bersih

25539229-renang4

Kembali di pulau itu kami berfoto-foto sejenak namun untuk mencapai pulau itu kembali kita harus berenang, dan kali ini guide kami pintar, ia membawa boneka pelampung berbentuk cumi2 dimana dia bisa mengojekkan orang sebanyak 10 orang sekaligus ke pantai pulau kumang2 dengan boneka itu . Setelah selesai kami kembali ke kapal, perjalanan agak tertunda dan schedule jadi molor gara-gara perahu yang dinaiki oleh group genggong mogok, harus ditarik dengan kapal kami yang lebih kecil mengakibatkan jalannya pun agak lambat.

25539456-ongojay_

Konon kabarnya hal itu tidak harus terjadi kalau rombongan itu sopan dalam hal berbicara dan berpakaian, karena konon kabarnya laut di selat sunda ini agak-agak keramat. Harus dihormati kalau tidak ada saja kejadian tidak enak yang terjadi.Sekitar jam 15  kami pulang ke sabesi berberes untuk kembali ke pelabuhan canti, dari situ menuju bakauheni naik mobil dan menyeberang ke merak. Sampai di jakarta cukup malam yaitu jam 10 malam.